Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hari Ching Bing, Waktunya Bakar ‘Uang’ untuk Leluhur

Penulis : Nurliana Ulfa - Editor : Redaksi

01 - Apr - 2016, 16:58

PENGHORMATAN: Salah satu keluarga Tionghoa tengah membakar replika uang di makam Tionghoa Jalan Pattimura Kota Batu, Jumat (1/4/2016). (foto by Nurliana Ulfa/batutimes.com)
PENGHORMATAN: Salah satu keluarga Tionghoa tengah membakar replika uang di makam Tionghoa Jalan Pattimura Kota Batu, Jumat (1/4/2016). (foto by Nurliana Ulfa/batutimes.com)

MALANGTIMES – Warga Tionghoa di Kota Batu dan sekitarnya kembali memperingati Hari Ching Bing atau Qing Ming. Hari Ching Bing dipercaya merupakan hari penghormatan pada para leluhur.

Baca Juga : Per Hari Ini Kasus Positif Covid-19 Ditemukan di 23 Provinsi, Total 5.136 Penderita

Biasanya diperingati pada seminggu sebelum dan seminggu setelah 5 April. Makam Tionghoa yang ada di Jalan Pattimura Kelurahan Temas Kota Batu pun ramai dikunjungi selama hari Ching Bing tersebut.

Mereka datang bersama sanak keluarga untuk berdoa dan menjalankan ritual di makam seluas sepuluh haktar ini. Tidak jarang juga sanak keluarga mereka datang dari luar kota seperti Jakarta dan Surabaya.

Tradisi hari Ching Bing sendiri sudah dilaksanakan turun-temurun selama beberapa abad sejak zaman dinasti Tang di Tiongkok. Peringatan hari Ching Bing ini dilaksanakan setahun sekali.

Sucipto Gunawan, tokoh Tionghoa Malang Raya mengatakan, ritual yang dilakukan dalam peringatan Ching Bing tersebut biasanya dilakukan dengan membersihkan makam dan menabur bunga mawar di atas makam. Hal tersebut merupakan wujud bakti kepada para leluhur.

Baca Juga : Rektor UMM Merespons Desas-desus Pergantian WR III dan Kursi Baru WR IV

Ada pula yang membawa sesaji berupa daging dan buah-buahan. Selain itu, beberapa warga yang berziarah juga ada yang membakar replika uang.

”Replika uang tersebut dibakar untuk dikirim kepada leluhur agar di sana mereka berkecukupan. Kepercayaannya seperti itu,” jelas Sucipto.

Peringatan hari Ching Bing ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar makam untuk mencari rejeki. Dari orang dewasa hingga anak-anak membantu para warga Tionghoa untuk memarkir kendaraan, membantu membersihkan makam, dan menyediakan perlengkapan untuk menjalankan ritual. (*)


Topik

Peristiwa Peringatan-Hari-Ching-Bing


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurliana Ulfa

Editor

Redaksi