Kemkominfo Prioritaskan Keamanan Transaksi Digital

Mar 31, 2016 10:38
Ilustrasi transaksi online (Foto: belanjabareng)
Ilustrasi transaksi online (Foto: belanjabareng)

MALANGTIMES - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Heru Tjahjono menegaskan agenda utama kementeriannya adalah antisipasi keamanan cyber untuk mengamankan transaksi ekonomi digital.

"Karena perkembangan teknologi informasi tidak bisa dibendung, kita harus antisipasi. Salah satu terpenting menuju ekonomi digital ke depan adalah keamanan cyber," ujarnya seperti dirilis laman Kemkominfo.

Menurutnya, menjaga keamanan baik arus informasi maupun data sangatlah penting di masa mendatang. Hal ini mengingat banyaknya sektor akan masuk dalam era digital.

Keamanan cyber pun dinilai penting agar masyarakat maupun pemangku kepentingan yang terlibat juga merasa aman, sehingga ekonomi digital tidak terganggu dan berkembang lebih pesat.

Sebagai contohnya adalah kasus transportasi berbasis online yang baru-baru terjadi, yang diprediksi juga akan dihadapi bisnis hotel, kesehatan, apotik.

"Kalau itu semuanya online maka kita harus mengantisipasi yang terkait dengan keamanan data. Begitu juga meningkatnya konsumer internet ke depan," imbuhnya. (*)

Topik
Kemkominfo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru