Tahu Keramik, Produk Andalan Kota Batu Selain Apel

Mar 27, 2016 19:50
PRODUKSI: Tumpukan tahu siap jual di salah satu pabrik tahu di Kota Batu, Minggu (27/3/2016). (foto by Nurliana Ulfa/batutimes.com)
PRODUKSI: Tumpukan tahu siap jual di salah satu pabrik tahu di Kota Batu, Minggu (27/3/2016). (foto by Nurliana Ulfa/batutimes.com)

MALANGTIMES – Kota Batu sebagai kota pariwisata punya beberapa makanan andalan selain apel. Salah satunya adalah tahu.

Ya, produksi makanan berbahan kedelai itu berpusat di Desa Beji Kecamatan Junrejo. Selain itu produksi tahu juga terdapat di Kelurahan Temas Kota Batu.

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Oleh masyarakat Kota Batu, tahu ini diolah menjadi beberapa jenis makanan favorit. Bagi wisatawan yang datang ke Kota Batu, produk olahan tahu bisa dengan mudah didapatkan.

Camilan berbahan tahu antara lain tahu brontak, tahu kres, tahu petis dan stik tahu. Ketiga makanan tersebut akhir-akhir ini menjadi camilan andalan yang diproduksi oleh masyarakat Kota Batu.

Sutrisno, seorang pemilik pabrik tahu 3 S Prima Kelurahan Temas mengatakan, makanan olahan tahu yang jadi favorit saat ini tahu brontak, tahu kres dan stik tahu.

Makanan olahan tahu ini banyak dijual di tepi jalan sebagai camilan maupun oleh-oleh bagi wisatawan. Lokasinya misalnya sekitar alun-alun atau di pusat oleh-oleh.

Sutrisno dalam sehari dapat memproduksi sekitar 20 krat (sejenis nampan) tahu. Dalam satu krat terdapat 80 potong tahu mentah. Tahu tersebut didistribusikan di seluru pasar di Malang Raya, seperti Pasar Batu dan Pasar Karangploso.

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Dalam penjualan tahu mentah ini, Sutrisno membaginya ke beberapa jenis tahu sesuai dengan bentuknya.

Seperti tahu Arema yang bentuknya polos, tahu keramik yang memiliki cembungan di atasnya, tahu plastik bagi tahu tahu yang dibungkus plastik. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 1.700 hingga Rp 6.000. (*)

Topik
Tahu Keramik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru