Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Dapat Bidikmisi? Jangan Harap Boleh Menikah

Penulis : Arasy Pradana - Editor : Redaksi

15 - Mar - 2016, 14:15

Ilustrasi (Foto: smeaker)
Ilustrasi (Foto: smeaker)

MALANGTIMES - Beasiswa Bidikmisi dirancang sebagai upaya pemerintah untuk mengapresiasi pelajar berkemampuan akademik tinggi namun memiliki latar belakang ekonomi yang kurang mampu.

Selain diharuskan mampu mempertahankan prestasinya, terdapat sejumlah syarat lain yang harus disanggupi.

Baca Juga: Peraih Bidikmisi Diharapkan Jadi Mahasiswa Terbaik

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

Salah satunya, sang penerima dilarang untuk menikah. "Ini berlaku selama selama ia masih berstatus mahasiswa," tegas Herry Soewito, kepala bagian akademik Universitas Negeri Malang, Selasa (15/3/2016).

Karena beasiswa Bidikmisi memiliki durasi terbatas sepanjang empat tahun, penerimanya juga tak diperbolehkan untuk mengambil cuti kuliah.

Hal ini, lanjut Hari, bertujuan untuk memastikan prestasi yang dicapai kandidat semasa SMA dapat dipertahankan. "Karena sudah dibiayai pemerintah."

Baca Juga : Masih Siaga Covid-19, UB Mudahkan Proses Daftar Ulang Mahasiswa Baru

Berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah, proporsi penerima Bidikmisi adalah sebesar 10 persen dari keseluruhan mahasiswa yang diterima.

Proses pengajuannya sendiri telah dilaksanakan seiring dengan proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). (*)


Topik

Pendidikan SNMPTN Univeritas-Negeri-Malang Beasiswa-Bidikmisi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arasy Pradana

Editor

Redaksi