Ray Tomlinson, Sang Bapak Email Tutup Usia

Mar 10, 2016 09:37
Ray Tomlinson, sang penemu email (Foto: wired)
Ray Tomlinson, sang penemu email (Foto: wired)

MALANGTIMES - Jagad teknologi informasi berduka seiring kabar Ray Tomlinson yang dikenal sebagai penemu surat elektronik atau email, meninggal dunia pada usia 74 tahun.

"Penemu teknologi sejati, Ray adalah orang yang membawa email pada masa awal jaringan komputer. Penemuannya mengubah cara dunia berkomunikasi. Namun, untuk semua pencapaiannya dia tetap rendah hati, baik, dan dermawan dengan waktu dan kemampuannya," terang juru bicara Raytheon, Mike Doble.

Doble menyatakan jika Tomlinson meninggal pada Sabtu (5/3/2016) pagi, tetapi ia tidak mengungkapkan lokasi maupun penyebab meninggalnya Tomlinson.

Dalam artikelnya, Sydney Morning Herald mengklaim jika Tomlinson tutup usia karena terkena serangan jantung.

Tomlinson sendiri merupakan penemu program ARPANET pada 1971, yang menjadi pendahulu internet, dan memungkinkan orang mengirim pesan pribadi ke pengguna komputer lainnya melalui server. Namanya pun masuk di Internet Hall of Fame pada 2012.

Berasal dari Amsterdam, New York, Tomlinson bersekolah di Intitut Politeknik Rensselaer dan MIT pada 1960-an, sebelum bekerja di perusahan Bolt Beranek and Newman - sekarang menjadi Raytheon BBN Technologies - ketika dia membuat terobosan dengan memperkenalkan email.

"Terimakasih Ray Tomlinson karena menemukan email dan meletakkan tanda @ di dalam peta," kicau akun twitter resmi Gmail sebagai salah satu penghormatan untuk Tomlinson. (*)

Topik
emailRay TomlinsonInfo Tekno

Berita Lainnya

Berita

Terbaru