Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sisir Pemilih Pemula, KPUD Lamongan Kembali Masuk Sekolah

Penulis : Ardiyanto - Editor : Redaksi

14 - Nov - 2015, 12:34

Peserta sosialisasi antusias mengikuti arahan komisioner KPU (foto : Ardiyanto/lamongantimes)
Peserta sosialisasi antusias mengikuti arahan komisioner KPU (foto : Ardiyanto/lamongantimes)

JATIMTIMES, LAMONGAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lamongan mengupayakan berbagai cara untuk dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Lamongan 9 Desember 2015.

Kali ini KPUD bersama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengunjungi Madrasah Aliyah (MA) I’anatut Tholibin di Desa Putat Kumpul, Kecamatan Turi, Sabtu (14/11/2015). “Sosialisasi pemilih pemula ini sudah terjadwal. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada,” Fatkhur Rohman Divisi Sosialisasi KPU Lamongan.

Fatkhur mengatakan, meskipun sosialisasi pemilih pemula ini digelar di salah satu MA tetapi pesertanya terdiri dari siswa beberapa SMA sederajat yang tersebar di dapil (daerah pemilihan) IV. “Sekolah MA, SMK, SMU se-dapil 4 dijadikan disatu sekolahan ini tempatnya,” katanya.

Menurut Fatkhur, para siswa-siswi yang berusia 17 tahun ini merupakan pemilih pemula yang baru pertama kali akan memberikan hak suaranya pada pesta demokrasi 9 Desember mendatang. Sehingga, para siswa memiliki pengetahuan tentang Pilkada serta pentingnya Pilkada untuk menentukan masa depan Lamongan lima tahun ke depan.

“Mereka harus tahu bagaimana tata cara memilih yang baik, pentingnya memilih calon pemimpin, maka untuk itulah kegiatan sosialisasi kepada siswa siswi ini kita lakukan,” ungkapnya.

KPU pun memberikan praktek langsung kepada para siswa tentang tata cara mencoblos Calon Bupati dan Wakil Bupati Lamongan. Satu persatu siswa masuk ke bilik suara dan memasukkan lipatan lertas suara ke salam kotak suara. “Para siswa antusias dengan pengalaman barunya,” terangnya.

Selain itu, lanjut Fatkhur, KPU mengingatkan kepada para siswa untuk mengajak semua teman-temannya yang memiliki hak pilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember 2015. Peserta sosialisasi ini tambahnya, bisa menjadi perpanjangan tangan KPU untuk mensosialisasikan kembali kepada pemilih pemula lainnya.

Harapan KPU itupun diamini salah satu peserta sosialisasi Wahyu Ahmad. “Saya akan sosialisasi ke teman saya, keluarga saya, tetangga saya untuk datang ke TPS dan tidak golput,” kata dia.

Siswa SMKN 1 Kalitengah ini menjelaskan, sosialisasi yang diselenggarakan KPU cukup bermanfaat. “Kegiatan ini menginspirasi saya untuk menentukan pilihan saya 9 Desember,” pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa KPUD-Kabupaten-Lamongan Fatkhur-Rohman


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ardiyanto

Editor

Redaksi