Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Income Migas Bangkalan Nol Persen

Penulis : Alhafid Rahmana - Editor : Redaksi

13 - Nov - 2015, 21:47

Wakil Bupati Bangkalan, Mundir Rofii. (Foto : alhafid rahamana/maduratimes)
Wakil Bupati Bangkalan, Mundir Rofii. (Foto : alhafid rahamana/maduratimes)

JATIMTIMES, MADURA - Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, termasuk daerah penghasil minyak dan gas (Migas). Namun tidak sepeserpun pendapatannya masuk ke kas daerah. Padahal, jika sepenuhnya masuk ke kas daerah, jumlahnya mencapai puluhan milyar. 

Wakil Bupati Bangkalan, Mundir Rofii, mengatakan, income dari sektor Migas ke dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama beberapa tahun nol rupiah. Padahal seharusnya ada. Entah ke mana larinya uang sektor Migas tersebut. 

Mundir menambahkan, eksplorasi Migas di Kabupaten Bangkalan ada yang dilakukan di tengah laut (offshore) dan ada yang dikerjakan di darat (onshore). Tenaganya juga sebagian besar bukan orang Madura dan orang Bangkalan khususnya. 

"Jika itu diurus dengan baik, bukan tidak mungkin pendapatan Kabupaten Bangkalan semakin besar," ucapnya. 

Tidak masuknya pendapatan sektor Migas di Bangkalan, tidak lepas dari kondisi pemerintahan sebelumnya yang kurang transparan. Namun, pihaknya berkomitmen ke depan agar pendapatan sektor Migas Bangkalan bisa masuk dengan maksimal. 

Sedangkan PAD Kabupaten Bangkalan pada tahun 2014 kemarin, hanya Rp. 120 miliar, lebih rendah dari tiga kabupaten lainnya. Kabupaten Sampang Rp. 121 miliar, Kabupaten Sumenep Rp. 166 miliar, Kabupaten Pamekasan Rp. 125 miliar. (*)


Topik

Peristiwa Income-Migas-Bangkalan-Nol-Persen


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Alhafid Rahmana

Editor

Redaksi