Menelisik Jejak Masa Kecil Bung Karno di Istana Gebang

Mar 07, 2016 07:12
Para wisatawan asing sedang melihat koleksi Istana Gebang dengan dipandu oleh pemandu wisata. (Foto: Istimewa)
Para wisatawan asing sedang melihat koleksi Istana Gebang dengan dipandu oleh pemandu wisata. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Istana Gebang adalah rumah kediaman Presiden pertama RI, Ir Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur. Rumah yang menjadi saksi masa kecil dan remaja Bung Karno ini berada di Jalan Sultan Agung Kota Blitar, sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno.

Setiap tanggal 6 Juni, hari kelahiran Bung Karno, di rumah ini diselenggarakan acara Haul dengan menampilkan berbagai macam kesenian.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Istana gebang merupakan tempat wisata  yang kini dikelola oleh Pemerintah Kota Blitar. Sejak pemerintah Kota Blitar membeli Istana Gebang dari keluarga Soekarno, koleksinya dibenahi supaya bekas kediaman tersebut menjadi museum Soekarno terbesar di tanah air.

Ada banyak sekali peninggalan Bung Karno di istana yang berukuran sekitar 1.5 hektar ini mulai dari perabotan di kamar hingga roda empat semuanya masih dalam kondisi yang bagus.

Di halaman Istana Gebang, ditegakkan patung Soekarno setinggi 2,8 meter karya Dukut Hendronoto asal Jakarta.

Patung produksi tahun 1969 itu berwarna putih, berbentuk sosok Soekarno yang mengenakan pakaian presiden. Lengkap dengan sepatu, celana panjang, safari, dan peci.

Anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup lapang begitu sampai di Istana Gebang. Bangunan yang menjorok cukup masuk dari jalan raya ini akan membuat anda merasakan kejayaan masa lalu. Bangunan jadul yang masih tetap kokoh berdiri di sana.

Bentuk rumah masih asli seperti dahulu kala tanpa ada perubahan yang berarti. Perabotan perabotan jaman dahulu juga menjadi hiasan di dalam rumah ini.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Selain melihat perabotan jadul, anda pun bisa melihat berbagai macam foto dan dokumentasi dari Bung Karno.

Mulai dari kamar, ruang kerja dan masih banyak lagi. Meski tanpa AC, ruangan di dalam tempat ini benar-benar sejuk, hal ini mungkin dipengaruhi oleh arsitektur gaya kuno yang cukup megah.

Apabila anda berada di Blitar, anda wajib mampir ke tempat ini. Jadi jangan sampai melewatkan tempat ini sebagai salah satua destinasi wisata wajib di Blitar Karena tempat ini memiliki sejarah tentang masa kecil Bung Karno. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru