Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Antisipasi Banjir, Warga Bersama TNI Bersihkan Selokan Desa

Penulis : Mahrus Sholih - Editor : Redaksi

13 - Nov - 2015, 12:32

Sejumlah warga bersama TNI dari Koramil Tempurejo saat membersihkan selokan pinggir jalan di desa Curang Nongko Kecamatan Setempat
Sejumlah warga bersama TNI dari Koramil Tempurejo saat membersihkan selokan pinggir jalan di desa Curang Nongko Kecamatan Setempat

JATIMTIMES, JEMBER – Memasuki musim penghujan tahun ini, sejumlah TNI bersama puluhan warga Dusun Krajan Desa Curang Nongko Kecamatan Tempurejo, gotong-royong membersihkan saluran air yang berada di sisi kanan dan kiri jalan desa setempat, Jum’at (13/11/2015).

Kepala Dusun Krajan Desa Curang Nongko, Moh Hanapi menuturkan, aktifitas warga ini untuk mengantisipasi kemungkinan banjir yang disebabkan mampetnya selokan. Karena biasanya, banjir yang kerap terjadi karena saluran air yang tersumbat baik oleh sampah rumah tangga maupun endapan lumpur.

“Kegiatan ini untuk mengantisipasi banjir. Dan warga sangat antusias saat melakukan kerja bakti. Karena mereka sadar, banjir yang kerap terjadi tidak hanya disebabkan tingginya curah hujan, melainkan juga mampetnya saluran air,” kata Hanapi, sapaannya.

Komandan Rayon Militer 0824/09 Tempurejo, Kapten Inf Wahyudi Triko I, menyebutkan, keterlibatan TNI dalam kerjabakti itu merupakan kompleksitas tugas tentara untuk menyatu bersama rakyat.

“Prinsipnya, apa yang menjadi kendala bagi masyarakat sedapat mungkin dapat diselesaikan oleh masyarakat desa tersebut. Disini tugas TNI hanya membantu, selain juga untuk menjaga keutuhan dan kondusifitas di masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dia berharap, setelah dibersihkannya saluran air tersebut, warga dapat terhindar dari banjir, serta wabah penyakit yang ditimbulkan oleh genangan air selokan, yang biasanya menjadi sarang nyamuk dan menjadi sumber penyakit. (*)


Topik

Peristiwa Antisipasi-Banjir Warga-Bersama-TNI


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mahrus Sholih

Editor

Redaksi