"Hutan Seharusnya Dikelola Pemerintah Daerah, Bukan Perhutani"

Mar 06, 2016 19:21
Wakil Bupati Malang, HM Sanusi, dalam Dialog Kebangsaan, di Rumah Makan Ringin Asri, Minggu (6/3/2016) sore (Foto :Hafiz /MalangTIMES)
Wakil Bupati Malang, HM Sanusi, dalam Dialog Kebangsaan, di Rumah Makan Ringin Asri, Minggu (6/3/2016) sore (Foto :Hafiz /MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wakil Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan potensi hutan di Kabupaten Malang cukup besar. Luasan hutan di Kabupaten Malang sendiri, lebih dari 85 ribu hektare. Namun, selama ini pendapatan yang diterima daerah sangat minim. Hal itu karena pengelolaan hutan dilakukan oleh pihak Perhutani, bukan dikelola Pemerintah Daerah setempat. 

Baca Juga : Dosen UM yang Sempat Positif Covid-19, Sudah Diperbolehkan Meninggalkan Rumah Sakit

Ia pernah melakukan kajian bersama Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan Universitas Airlangga bahwa berdasarkan UU Nomor 41, seluruh hutan harusnya dikuasai dan dikelola oleh pemerintah daerah. 

"Tetapi itu hanya perilaku di luar Jawa, yang dikelola oleh pemerintah daerah," kata Sanusi dalam Dialog Kebangsaan, di Rumah Makan Ringin Asri, Minggu (6/3/2016) sore. 

Sanusi menjelaskan, khusus di Pulau Jawa, hutan dikelola oleh Perhutani. Karena Presiden sebelumnya (Susilo Bambang Yudhoyono) mengeluarkan PP Nomor 71 tentang Perhutani. 

"Ini diskriminasi terhadap penduduk Jawa, diluar Jawa diserahkan kepada daerah, sedangkan di Jawa pengelolaannya oleh Perhutani. Harusnya dikelola daerah juga," ungkapnya dihadapan ratusan mahasiswa. 

Baca Juga : Gegara Ahok Diskon BBM untuk Ojol, Said Didu dan Arsul Soni Malah 'Perang' di Twitter

Sanusi pun menyayangkan hal tersebut. Karena selama ini Perhutani yang memanfaatkan hasilnya, tapi disisi lain dampak positifnya kurang dirasakan daerah. 

"Dampaknya kedaerah justru banjir dan tanah longsor karena hutannya ditebang oleh Perhutani," akunya.

"Kalau hutan seluas 85 ribu hektare ini bisa dikelola, nanti pemuda bisa mengelolanya dan dapat bagian mengelola apanya," imbuhnya. (*)

Topik
Hutan Kabupaten MalangPerhutaniWakil Bupati MalangHM Sanusi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru