Kota Malang Jadi Pilot Project Kantong Plastik Berbayar

Mar 05, 2016 15:55
Wali Kota Malang, Mochammad Anton (Kiri) bersama Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya (dua dari kiri) saat menghadiri Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2016 di Kota Makassar (Foto: Istimewa)
Wali Kota Malang, Mochammad Anton (Kiri) bersama Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya (dua dari kiri) saat menghadiri Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2016 di Kota Makassar (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kota Malang menjadi satu diantara 23 Kabupaten/Kota  se-Indonesia yang terpilih sebagai pilot project uji coba kantong plastik berbayar.

Baca Juga : Semarak 70 Tahun Koperasi, Abah Anton Lepas 600 Peserta Gerak Jalan

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Malang, H Mochammad Anton, disela-sela kehadirannya dalam upacara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2016 di Lapangan Karebosi, Makassar, Sabtu (5/3/2016).

Dalam upacara tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. 

"Sesungguhnya ada 23 kota/kabupaten yang terpilih, cuma untuk Jawa Timur hanya 2 daerah yaitu Kota Malang dan Surabaya," kata Wali Kota berlatar belakang pengusaha ini. 

Anton menambahkan, beberapa aspek di setiap daerah, menjadi pertimbangan dalam penetapan ini. Mulai dari manajemen pengolahan sampahnya, kesadaran masyarakatnya, pertumbuhan ekonominya serta dukungan dari asosiasi pengusaha pusat perbelanjaan setempat. 

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengingatkan kembali tragedi TPA Gajahluwi sebagai akibat ketidakmampuan bumi dalam menampung beban sampah yang terus menerus membukit. 

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

Menurutnya, harus dibangun kesadaran untuk meminimalisir penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai kembali. 

"Kebijakan plastik berbayar lebih bersifat mengedukasi agar masyarakat memilih pembungkus non plastik. Bahkan kue lemper yang terasa khas dengan menggunakan pembungkus daun, kini banyak yang bermigrasi menggunakan plastik," ujar Jusuf Kalla dihadapan Gubernur, Walikota dan Bupati peserta HPSN 2016. 

Pada puncak HPSN kali ini, ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama sosialisasi penggunaan plastik berbayar antara Gubernur DKI, Walikota/Bupati yang terpilih dengan Aprindo (Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia).(d)

Topik
Walikota MalangHM AntonKantong Plastik Berbayar
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru