peta lokasi Pusat gempa yang berada pada 81 km barat daya Kabupaten Malang (Foto: istimewa)
peta lokasi Pusat gempa yang berada pada 81 km barat daya Kabupaten Malang (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 SR mengguncang Samudera Hindia yang ada di sebelah selatan Malang, Jawa Timur. Gempa terjadi sekitarnya, Rabu (2/3/2016) pukul 13.09 WIB.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, pusat gempa berada di laut, tepatnya pada 8.9 LS - 112.51 BT dengan kedalaman 19 kilometer.

Pusat gempa berada pada 81 km barat daya Kabupaten Malang, 96 km tenggara Kabupaten Blitar, 102 km tenggara Kota Blitar, 190 km barat daya Kota Surabaya, dan 703 km tenggara Jakarta.

Selain Malang, kekuatan getaran gempa tektonik ini dirasakan di Kota Blitar, Surabaya, dan Nganjuk bahkan juga terasa di Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Pantauan MALANGTIMES di lapangan, sebagian civitas akamedika di kampus Universitas Islam Raden Rahmat (Unira), Kepanjen sempat terkejut saat gempa terjadi.‎

Saat itu, di kampus Unira, yang berlokasi di Jalan Raya Mojosari itu, sedang menggelar kuliah tamu yang dihadiri Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, serta Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko. (*)