Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Sari Terong Belanda, Minuman Murah Meriah yang Tembus Papua

Penulis : Nurliana Ulfa - Editor : Redaksi

29 - Feb - 2016, 18:09

DIKEMAS SEDERHANA: Dengan warna yang menarik, minuman sari terong Belanda menjadi alternatif suguhan Lebaran. (Foto: Nurliana Ulfa/BatuTIMES)
DIKEMAS SEDERHANA: Dengan warna yang menarik, minuman sari terong Belanda menjadi alternatif suguhan Lebaran. (Foto: Nurliana Ulfa/BatuTIMES)

MALANGTIMES – Hasil pertanian Kota Batu yang berlimpah dan bermacam-macam membuka beragam peluang bisnis. Contohnya terong Belanda. Buah yang biasa disebut pepino ini diinovasikan menjadi minuman sari terong.

Farid Bustamin, warga Kelurahan Ngaglik Kota Batu memproduksi minuman sari terong Belanda sejak 2014. Farid memanfaatkan terong yang berlimpah dari Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Baca Juga : Sajikan Dawet Asli Kromengan, Warung Mak Tum Bisa Jadi Alternatif Wisata Kuliner

Minuman sari terong Belanda ini berwarna merah keunguan dan memiliki rasa manis. Farid lebih memilih mengemasnya pada ukuran cup kecil agar bisa habis sekali minum.

Untuk membuat sari terong Belanda ini cukup mudah. Tidak perlu diblender. Terong Belanda cukup dipotong kecil-kecil, direbus dan dicampur dengan pewarna makanan serta sedikit gula.

Bila disimpan di tempat yang sejuk, minuman ini bisa bertahan dalam enam bulan. “Biasanya minuman sari terong Belanda ini diminati untuk sajian para tamu di hari Lebaran,” kata pria berusia 45 tahun ini.

Produk ini banyak diminati karena menambah variasi minuman rasa buah. Selain menjadi suguhan di hari Lebaran, sari terong Belanda ini menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

Baca Juga : Kongkow sambil Nongkrong Cantik di Coffee Times, Menu Andalan Ini Tak Boleh Ketinggalan

Dalam segi khasiat, lanjut Farid, terong Belanda memiliki banyak manfaat kesehatan. Antara lain sebagai asupan vitamin C dan antioksidan.

Produk minuman sari terong ini dipasarkan di toko oleh-oleh di Kota Batu. Selain itu juga didistribusikan di Kota Malang, Surabaya, Jakarta, Bali, Kalimantan, hingga Timika. Harga satu kardus sari terong Belanda ini Rp 30 ribu. (*)


Topik

Kuliner Sari-Terong-Belanda


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurliana Ulfa

Editor

Redaksi