Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi saat ditemui di Kantor Bupati Malang, Senin (29/2/2016). (Foto: Ferry Agusta/MalangTIMES)
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi saat ditemui di Kantor Bupati Malang, Senin (29/2/2016). (Foto: Ferry Agusta/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keberhasilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang meraih penghargaan tingkat nasional dari BNPB, tidak terlepas dari peran dan dukungan segenap unsur, mulai pemerintah, masyarakat, dan media massa.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan, setidaknya ada tiga faktor pendukung keberhasilan institusi yang dipimpinnya meraih prestasi, yaitu dukungan APBD, relawan masyarakat, dan media massa.

"Pemerintah Kabupaten Malang memiliki dana siap pakai yang jumlahnya tidak terbatas untuk penanggulangan bencana," ujar Lutfi kepada awak media, Senin (29/2/2016) di Kantor Bupati Malang.

Dukungan sekira 1000 relawan tanggap bencana yang tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang, menjadi kekuatan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang terjadi. 

"Elemen masyarakat saling bahu membahu dalam menangani musibah atau bencana," jelasnya.‎

Media massa, kata Lutfi, memberi dukungan dalam penanganan bencana. Dia mencontohkan, bencana banjir yang terjadi di Pujon beberapa waktu lalu, merupakan buah dari informasi dari rekan media. 

"Informasi dari rekan-rekan media, termasuk pemberitaan membuat kami bisa segera mengambil tindakan," pungkasnya. (*)