Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi menunjukkan piala dan piagam penghargaan (Foto: istimewa)
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi menunjukkan piala dan piagam penghargaan (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur berhasil menyabet penghargaan bergengsi di level nasional. Penghargaa itu diberikan atas kesiapsiagaan, rehabilitasi, rekonstruksi, penanganan saat dan pasca bencana.

Penghargaan tersebut diberikan saat dilangsungkan Rapat Koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) se- Indonesia, pada Rabu (24/2/2016) lalu, di Jakarta.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

BPBD Kabupaten Malang berhasil meraih penghargaan terbaik ke-2 wilayah III (Jawa dan Bali). Terbaik pertama, diraih oleh BPBD Kabupaten Sleman dan BPBD Kabupaten Bandung sebagai terbaik ke-3.

"Kita tidak pernah tahu akan ada penghargaan. Kami datang ke Jakarta dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BPBD. Namun, malamnya diumumkan kita dapat penghargaan terbaik ke-2 tingkat nasional," jelas Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, Senin (29/2/2016).

Secara umum, jelas Lutfi, kriteria penghargaan yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meliputi kesiapsiagaan, rehabilitasi, rekonstruksi, penanganan saat dan paska bencana.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

BPBD di Indonesia tambahnya, dibagi dalam tiga wilayah yang meliputi Papua (wilayah 1), Sumatra (wilayah 2), dan Jawa - Bali (wilayah 3). Pembagian wilayah tersebut, berdasarkan pada kontur, topografi dan geografis. (*)