Ingin Tanam Strawberry, Tiongkok Jajaki Gandeng Pemkot

Feb 25, 2016 18:28
Pertemuan antara pihak Open University China dengan Pemerintah Kota Malang di Balai Kota Malang, Kamis (25 /2 /2016). (Foto Istimewa)
Pertemuan antara pihak Open University China dengan Pemerintah Kota Malang di Balai Kota Malang, Kamis (25 /2 /2016). (Foto Istimewa)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang akan menjalin kerjasama dengan salah satu universitas asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Rencana itu diungkapkan Wali Kota Mochammad Anton usai bertemu dengan delegasi Open University, perguruan tinggi asal Negeri Tirai Bambu, Kamis (25 /2/2016). 

Baca Juga : Semarak 70 Tahun Koperasi, Abah Anton Lepas 600 Peserta Gerak Jalan

Menurut Anton, pihaknya menjajaki kerja sama dengan salah satu universitas di China tersebut dalam bidang pertanian. 

Open University berencana untuk berbudidaya tanaman Strawberry dan Blueberry di Kota Malang. Itu karena cuaca dan kondisi tanah di Kota Malang sesuai dan bagus untuk jenis tanaman tersebut. 

" Awalnya perguruan tinggi ini mengadakan kerjasama pertanian dengan UMM (Universitas Muhammadiyah Malang. Red) saja, namun kemudian tertarik juga ingin melakukan kerjasama dengan pemkot," kata Anton pada awak media. 

Terkait detail kerjasama ini, Anton akan masih mengkaji terlebih dahulu. Dirinya pun belum bisa memberikan keterangan pasti perihal isi kerja sama itu nantinya. 

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

"Ini masih dini, tahap penjajakan. Belum tahu apakah nantinya hasil produk buah Strawberry akan diekspor ke sana atau bagaimana. Masih kita pikirkan," imbuhnya.

Meski demikian pihak universitas tersebut sangat tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Kota Malang. Ini menjadi peluang yang bagus, mengingat semakin sempitnya lahan pertanian di Kota Malang akibat alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan dan industri. (*)

Topik
Republik Rakyat TiongkokWali Kota MalangMochammad Anton
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru