Ini 8 Hasil Pertemuan Presiden tentang Pencabutan Pembekuan PSSI

Feb 24, 2016 21:06
Kantor PSSI (Foto: bola.liputan6)
Kantor PSSI (Foto: bola.liputan6)

MALANGTIMES - Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua Tim Ad Hoc PSSI Agum Gumelar, bersama Menpora Imam Nahrawi menggelar pertemuan Rabu (24/2/2016) sore. Dalam pertemuan yang digelar di Istana Negara tersebut, terdapat beberapa kesepakatan disepakati PSSI dan pemerintah.

Baca Juga: Pembekuan PSSI Akan Segera Dicabut

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewa Broto menyampaikan terdapat beberapa hasil keputusan dari pertemuan dengan presiden mengenai masalah sepakbola Indonesia, yakni :

Pertama, pertemuan tersebut berjalan dengan suasana kekeluargaan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Kedua, Wapres Jusuf Kalla dan Agum Gumelar menjelaskan standing point masing-masing tentang tujuan reformasi dan kelanjutan survival PSSI bagi kepentingan berbagai event internasional.

Ketiga, setelah tidak terlalu lama saling berdiskusi kurang lebih dari pukul 17.00-17.40 WIB, Presiden memberikan arahan kepada Menpora untuk dalam satu dua hari ini mengkaji semua kemungkinan rencana terhadap pencabutan surat pembekuan terhadap PSSI.

Keempat, atas instruksi tersebut Menpora langsung menyanggupi untuk langsung mengkaji rencana pencabutan pembekuan dan segera melaporkan kepada Presiden. 

Kelima, Menpora akan mengkaji dari berbagai aspek dan juga tetap mengedepankan esensi reformasi atau pembenahan tata kelola sepakbola nasional.

Keenam, seandainya pilihan pencabutan surat pembekuan tersebut diambil, maka pemerintah tetap akan menyertakan sejumlah persyaratan.

Ketujuh yakni, kesepakatan Kongres Luar Biasa yang sebelumnya ketua Tim Ad Hoc sepakat satu tahun, namun Menpora dalam rencana kajiannya akan meminta enam bulan. 

Ke delapan, dalam proses pengkajian apapun hasilnya nanti tidak terkait dengan masalah menang atau kalah, namun bagi kepentingan sepakbola yang lebih baik. Khususnya menghadapi Sea Games 2017 dan Asian Games 2018 selaku Indonesia sebagai tuan rumah.

Selain itu, pembekuan terhadap PSSI sangat berdampak besar terhadap kegiatan sepakbola di Indonesia. Pasalnya, pembekuan ini menyebabkan kompetisi mati suri.

Tak hanya itu, lebih parahnya, FIFA akan menjatuhkan sanksi terhadap sepakbola Indonesia. Sanksi FIFA terhadap Indonesia akan dibahas di Kongres, 26 Februari 2016.

Namun, hingga saat ini, masih belum ada pernyataan resmi apakah sanksi tersebut akan dibahas atau tidak.(*)

Topik
Pembekuan PSSI Imam Nahrawi Agum Gumelar Sepak Bola Indonesia Konggres Luar Biasa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru