Selamat, MTsN 1 Malang Sabet Medali Emas ISPO 2016

Feb 24, 2016 17:13
Amelia Putri Wulandari dan Nalita Livia Chandradevi, dua siswa MTsN 1 Malang yang menyabet medali emas dalam ajang ISPO 2016. (Foto: istimewa)
Amelia Putri Wulandari dan Nalita Livia Chandradevi, dua siswa MTsN 1 Malang yang menyabet medali emas dalam ajang ISPO 2016. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES – Para peternak sapi di Malang kini tak perlu bingung jika sapi mereka rewel kala hendak diperah susunya. Pasalnya, dua orang siswa MTsN 1 Malang ini bisa memberitahu jawaban permasalahan tersebut.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Tak cuma itu, kedua siswa tersebut, Amelia Putri Wulandari dan Nalita Livia Chandradevi, bahkan telah menyiapkan alat yang siap menjadi solusi masalah para pemerah susu.

Inovasi keduanya ini berhasil menggondol medali emas dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2016 yang digelar di Semarang 21-22 Februari.

Keduanya berhasil menyingkirkan 15 peserta lain lewat penelitian bertajuk “Inovasi Alat Terapi Mastitis Pada Sapi Perah Melalui Teknologi Elektroporasi”, dalam kategori teknologi. Bahkan pada seleksi awal, terdapat 500 karya yang masuk ke meja panitia.

Hebatnya, MTsN 1 Malang menjadi satu-satunya sekolah dari tingkat menengah pertama. Dalam kategori teknologi, mereka berhasil mengalahkan para siswa dari SMA Unggulan di Indonesia, seperti SMA 3 Semarang dan SMA Pribadi Bandung.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

Lailatul Chusniah, guru pembimbing kedua siswa tersebut, penelitian yang digagas anak asuhnya memiliki sejumlah keunggulan. Utamanya, apabila dibandingkan dengan penggunaan antibiotik yang jamak selama ini.

Selain aman bagi sapi, penelitian tersebut teruji dan mudah penggunaannya. “Selain itu, Juga mengurangi resiko resistensi bakteri akibat penggunaan antibiotic yang menerus,” jelas wanita berjilbab tersebut. (*)

Topik
ISPO 2016MTsN 1 MalangAmelia Putri WulandariNalita Livia Chandradevi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru