Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang Penetapan Calon, Paswaslih Kota Pasuruan Warning Timses Turunkan Alat Peraga

Penulis : Andi Hartik - Editor : Redaksi

21 - Aug - 2015, 18:39

Moch Anas, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Pasuruan (Foto: Andi Hartik/ PasuruanTimes)
Moch Anas, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Pasuruan (Foto: Andi Hartik/ PasuruanTimes)

JATIMTIMES, PASURUAN - Menjelang penetapan Calon Wali Kota Pasuruan, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Pasuruan meminta agar alat peraga pasangan calon (paslon) yang sudah banyak terpampang di pinggir jalan diturunkan. 

Permintaan itu disampaikan oleh Moch Anas, Ketua Panwaslih Kota Pasuruan. Menurutnya, sesuai dengan aturan dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, hanya ada beberapa bahan kampanye yang diperbolehkan untuk disebarluaskan saat memasuki masa kampanye.

"Termasuk alat peraga yang sudah terpasang di jalan-jalan itu harus turun usai ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU nanti,” katanya.

Pihaknya juga menjelaskan, mekanisme kampanye pada pemilihan kepala daerah serentak kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya. Yakni, timses pasangan calon kepala daerah tidak diperkenankan memasang Banner lebih dari 5 buah. Sendang untuk baliho maksimal 20 buah tiap calon per kecamatan dan umbul-umbul 2 buah tiap paslon per kelurahan. Sebab, dalam pasal 28 ayat 2 pada PKPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota menyebutkan baliho, spanduk ataupun umbul-umbul sudah difasilitasi oleh KPU.

"Kalaupun ada tim kampanye atau paslon memasang sendiri alat peraga berupa Baliho, Spanduk ataupun umbul-umbul itu adalah ilegal. Kecuali bahan kapanye lainnya yang diperbolehkan,” tegasnya.

Anas juga menjelaskan, timses bisa menggandakan alat peraga kampanye secara mandiri dengan kategori bahan tertentu. Seperti Kaos, Topi, Mug, Kalender, Kartu nama, Pin, Ballpoint, payung atau stiker dengan ukuran maksimal 10 cm x 5 cm. Meski begitu, tiap satu bahan alat tersebut tidak melebihi Rp 25.000 jika dikonversikan dalam uang. (*)


Topik

Peristiwa Panitia-Pengawas-Pemilihan-(Panwaslih) KPU-Pasuruan Alat-Peraga


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Andi Hartik

Editor

Redaksi