Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gandeng BMT, AirAsia Gerakkan Komunitas Produktif

Penulis : Timmoty Peter Rataq - Editor : Redaksi

11 - Aug - 2015, 13:13

Tony Fernandes. (foto: airasia)
Tony Fernandes. (foto: airasia)

JATIMTIMES, SURABAYA – Maskapai low cost AirAsia Indonesia dan Perhimpunan Baitul Mal Wa Tanwil (PBMT) Indonesia mendukung pengembangan komunitas produktif di Indonesia. Keduanya bekerja sama untuk menghasilkan manfaat sosial.

Penandatanganan MoU antara Air Asia dan PBMT Indonesia dilaksanakan di Surabaya. Dari Air Asia ditandatangani CEO AirAsia Berhad Aireen Omar, dan Presiden PBMT Jularso. Penandatanganan MoU disaksikan Grup CEO AirAsia Tony Fernandes, dan Presiden Direktur PBMT Ventura, Saat Suharto Amjad.

"Komunitas produktif adalah di mana masyarakat yang membutuhkan dilibatkan dalam beragam aktivitas. Dengan demikian, mampu membuat mereka menjadi semakin produktif, lebih mandiri, dan meningkatkan kualitas kehidupannya pada masa mendatang," kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko di Surabaya beberapa saat lalu (11/8).

Sunu mencatat, sampai September 2014, Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS Indonesia) mendata ada 27,73 juta masyarakat Indonesia atau sekitar 10,96 persen dari total populasi masih hidup di bawah garis kemiskinan. Karenanya, pengembangan komunitas produktif sangat penting guna membantu pemerintah dalam mengatasi masalah sosial tersebut.

Di sisi lain, tambah dia, AirAsia selama tujuh tahun berturut-turut telah memiliki basis operasi di lima negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan India. Mengenai misi maskapai yakni melayani seluruh masyarakat melalui harga tiket pesawat yang hemat dan konektivitas yang luas.

"Kemudian PBMT sebagai salah satu grup microfinance syariah terbesar di dunia memiliki misi untuk mengurangi angka kemiskinan melalui pengembangan komunitas produktif di Indonesia. Hal itu dengan beragam produk dan jasa layanan keuangan, program pemberdayaan melalui bidang ekonomi dan aktivitas sosial," ujarnya.

Sementara, Co-Founder dan Grup CEO AirAsia Tony Fernandes mengemukakan, sangat senang dapat bekerja sama dengan PBMT Indonesia dalam mengembangkan komunitas produktif. Apalagi, AirAsia dan PBMT memiliki kesamaan nilai yakni memberikan harapan, merealisasikan mimpi dan memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk meningkatkan kualitas kehidupan.

"Kerja sama ini memperkuat komitmen kami untuk mengembangkan sektor sosial ekonomi di Indonesia dan merupakan salah satu langkah untuk berbagi kepada komunitas di negara-negara tempat maskapai ini beroperasi. Bahkan ada peluang kerja sama antara PBMT Indonesia dengan berbagai perusahaan afiliasi lainnya dalam grup seperti Tune Hotels dan Tune Money," ucapnya.
Presiden PBMT Jularso melanjutkan, kolaborasi itu akan semakin meningkatkan program pengembangan komunitas produktif di mana terjalinnya sinergi yang baik. Bahkan, kian membuka ide baru, sumber daya, dan kesempatan.

"Selain itu, kerja sama ini juga mengakomodasi kedua institusi dalam meningkatkan fungsi sosialnya secara signifikan. Khususnya dalam pengembangan usaha kecil dan mikro yang membantu masyarakat kurang mampu," katanya. (*)


Topik

Peristiwa AirAsia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Timmoty Peter Rataq

Editor

Redaksi