Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Pengungsi Rohingya

KNPI Minta Indonesia Pikirkan Kewarganegaraan Pengungsi

Penulis : Timothy Peter Ratag - Editor : Redaksi

30 - May - 2015, 21:14

Pengungsi Rohingya (Foto: smeaker)
Pengungsi Rohingya (Foto: smeaker)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Persoalan pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia mendapat perhatian serius dari DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Organisasi pemuda ini mendesak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk segera menyelesaikan problem pengungsi yang terusir dari negaranya, Myanmar, itu.

Desakan itu disampaikan Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri KNPI Doni Harsiva Yandra dalam pada TIMESINDONESIA beberapa saat lalu. ’’Sebagai organisasi yang menjaga stabilitas perdamaian dunia, kami minta PBB segera turun tangan menangani pengungsi Rohingya ini,” tandas Doni.

Tak hanya ke PBB, KNPI juga mendesak pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk tegas mengambil sikap terkait para pengungsi ini. Termasuk turun serta menghentikan konflik yang terjadi di Myanmar.

Menurut Doni, peristiwa pengusiran muslim Rohingya telah menimbulkan instabilitas di kawasan ASEAN. ’’Bukti nyata yang membikin instabilitas itu antara lain ditemukannya kuburan masal di Malaysia. Belum lagi 1.800 pengungsi yang saat ini ada di Aceh. Mereka butuh perhatian serius karena kondisinya sangat memprihatinkan,’’ jelas Doni.

KNPI, sambung Doni, juga berharap pemerintah Indonesia tidak hanya memikirkan penanganan jangka pendek saja. Misalnya memberikan bantuan makanan dan sandang. Tapi KNPI juga minta pemerintag memikirkan langkah menangani pengungsi ini dengan langkah jangka panjang.

Apa itu? Doni menjelaskan, langkah jangka panjang bisa berupa ikut memikirkan nasib kewarganegaraan para pengungsi. Apakagi mereka sangat trauma jika kembali ke Myanmar.

’’Mereka itu stateless. Tak diakui warga Myanmar. Karena itu atas dasar kemanusiaan, KNPI minta pemerintah untuk ikut memikirkan status kewarganegaraan mereka,’’ ujarnya. (*)


Topik

Peristiwa Pengungsi-Rohingya


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Timothy Peter Ratag

Editor

Redaksi