Wali Kota Malang: Era MEA, Koperasi Harus Berdayakan UKM

Feb 17, 2016 12:29
Wali Kota Malang, Mochammad Anton saat memberikan surat ketetapan berbadan hukum kepada empat koperasi angkutan di Kota Malang (Foto :Hafiz Agassi /MALANGTIMES)
Wali Kota Malang, Mochammad Anton saat memberikan surat ketetapan berbadan hukum kepada empat koperasi angkutan di Kota Malang (Foto :Hafiz Agassi /MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang, Mochammad Anton berharap di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun ini, koperasi mampu meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kota Malang. Ia juga berharap koperasi juga bisa menciptakan UKM yang kuat.

"Koperasi harus mampu berperan dalam meningkatkan kualitas UKM. Terlebih sudah masuk MEA, maka koperasi harus mampu berkiprah lebih banyak lagi," tegas  Anton saat membuka Rapat kerja Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Daerah Kota Malang, Rabu (17/2 /2016). 

Lebih lanjut ia mengatakan, sinergitas antara pemerintah daerah dengan koperasi harus ditingkatkan lagi.

Anton menambahkan, saat ini seharusnya koperasi tidak hanya berkutat masalah simpan pinjam saja, namun bisa menjadi wadah ekonomi kreatif kalangan muda. 

"Kemarin saya sudah membentuk badan ekonomi kreatif, saya juga memfasilitasi kreativitas anak-anak muda melalui Malang Creative Fusion, dan saya harap koperasi juga harus berperan dalam menumbuhkan UKM khususnya di kalangan muda ini," lanjutnya. 

Ditambahkannya, koperasi harus memperhatikan proses sertifikasi atas status badan hukumnya. Dengan Sertifikasi menurutnya, memudahkan UKM dalam hal permodalan. Ia menghimbau agar masyarakat memanfaatkan fasilitas yang telah pemerintah berikan ini. 

"Saya sudah memberikan keringanan sertifikasi, ngurusnya nggak lama, satu hari selesai, ini penting sekali utamanya pada era MEA ini," tandasnya. 

Selain itu, menurut Anton koperasi harus berbadan hukum, hal ini menjadi sangat penting karena menyangkut pengelolaan uang masyarakat.

Pada kesempatan ini, Anton juga memberikan langsung surat ketetapan berbadan hukum kepada empat koperasi angkutan di Kota Malang. (*)

Topik
Wali Kota MalangMochammad AntonKoperasiUKM

Berita Lainnya

Berita

Terbaru