MALANGTIMES - Lomba Kampung Bersinar yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang sudah menemukan 50 kampung terbaik dari 151 peserta lomba yang akan dinilai kembali untuk ditemukan pemenangnya.

Mulai bulan Juli 2019 kemarin, lomba Kampung Bersinar telah berjalan. DLH Kota Malang sebagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) penyelenggara lomba sudah melakukan penilaian ke setiap daerah yang mengikuti lomba memperindah dan merawat kampung itu.

Kabid Bina Kemitraan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Malang, Rahmat Hidayat mengatakan bahwa tim penilaian untuk lomba Kampung Bersinar sudah mengerucut ke angka 50 peserta.

"Terkait dengan (lomba Kampung Bersinar) itu, kemarin ada 151 RW terbaik yang mengikuti Kampung Bersinar mulai bulan Juli sampai September ini sudah kami nilai, dan keluarlah 50 terbaik yang akan kami nilai kembali," ungkap Rahmat saat dijumpai MalangTIMES di ruangannya.

Rencananya penilaian 50 besar kampung terbaik itu akan dilakukan pada 16 September 2019 mendatang. "Lalu kira-kira 6 Oktober 2019 akan keluar juara 1,2,3 dan kemungkinan 10 November 2019 akan diumumkan pemenangnya yang bertepatan dengan Hari Pahlawan," katanya.

Lebih dari itu, Rahmat mengaku bahwa lomba Kampung Bersinar ini digelar untuk mengubah mindset masyarakat Kota Malang yang saat ini kesadarannya akan lingkungan masih kecil.

Kedepan, Rahmat ingin dengan digelarnya lomba Kampung Bersinar ini bisa menumbuhkan rasa memiliki lingkungan dan nantinya menjadi kebiasaan yang terus dicari oleh masyarakat.

"Kalau bicara target untuk mengubah mindset masyarakat, kami sepakat bahwa kegiatan ini digelar tidak sampai putus hingga masyarakat merasa itu sebagai kebutuhan," terangnya.

"Jadi yang awalnya menjadi kebutuhan, ini harus ada regenerasi dan regenerasi itu harus ditumbuhkan yang sementara ini dengan adanya lomba Kampung Bersinar," imbuhnya mengakhiri.