Bacharuddin Jusuf Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie

Foto: Wikipedia

Nama : Bacharuddin Jusuf Habibie
Profesi : Presiden Republik Indonesia
Agama : Islam
Tempat Lahir : Pare-pare, Sulawesi Selatan
Tanggal Lahir : 25 June 1936
Zodiac : -
Warga Negara : Indonesia
Keahlian : Politikus
BIOGRAFI

Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Ayahnya yang berprofesi sebagai ahli pertanian berasal dari etnis Gorontalo dan memiliki keturunan Bugis, sedangkan ibunya beretnis Jawa. R.A. Tuti Marini Puspowardojo adalah anak seorang spesialis mata di Yogya, dan ayahnya yang bernama Puspowardjojo bertugas sebagai pemilik sekolah.

B.J. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962, dan dikaruniai dua orang putra, yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Ia pernah berilmu di SMAK Dago. Ia belajar teknik mesin di Universitas Indonesia Bandung (Sekarang Institut Teknologi Bandung) tahun 1954. Pada 1955-1965 ia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat, menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

PENDIDIKAN

SMAK Dago, Bandung

Jurusan Teknik Mesin Universitas Indonesia Bandung (ITB)

Teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen, Jerman

KARIR

Non-Militer/Politik:

Wakil Presiden Messerschmitt-Bölkow-Blohm bidang Teknologi

Militer/Politik:

Menteri Negara Riset dan Teknologi (1978 sampai Maret 1998)

Ketua umum ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia)

Wakil Presiden (14 Maret 1998 - 21 Mei 1998)

Presiden Republik Indonesia (21 Mei 1998 - 20 Oktober 1999)

  • Lewat Buku, Mantan Menteri Ini Cerita Blak- blakan

    Perpustakaan UB (Universitas Brawijaya) bersama tokoh pengarang buku Sepanjang Jalan Kenangan, Wardiman Djojonegoro mengadakan bincang buku sambil ngopi serta berbagi pengalaman dan kunci kesuksesan di ruang pertemuan Perpustakaan UB, Minggu (18/09/2016).

  • KNPI Tebar Kisah Inspiratif ‘Rudy Habibie’

    Siapa yang tak kenal dengan BJ Habibie. Ia adalah adalah sosok jenius yang dimiliki Indonesia dan berpengaruh di bidang teknologi. Namun tak banyak yang mengetahui jatuh bangunnya untuk menuju kesuksesan tersebut.

  • Mahasiswa UB Ciptakan Reaktor yang Mengubah Jerami Menjadi BBM

    Prihatin akan krisis energi, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang, merancang satu reaktor bioetanol yang bisa mengubah jerami menjadi bahan bakar bioetanol.

  • 9 Keajaiban Puasa Senin Kamis

    Manfaat puasa sudah sering kali disebutkan dalam mimbar-mimbar agama. Namun dibalik manfaat hebat ‘di kelak kemudian hari itu’ ternyata manfaat puasa juga bisa kita nikmati di dunia ini.

  • Kantin Halal UB Hasil Gabungan Tiga Institusi Ini

    Penyelenggaraan kantin Halalan Thayyiban yang dimiliki Universitas Brawijaya setidaknya melibatkan tiga institusi.

Komentar Anda

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top