Hari Primata, Profauna Gambarkan Primata yang Mati di Tangan Pemburu

Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)
Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)

MALANGTIMES - Hari Primata Indonesia yang jatuh tiap tanggal 30 Januari, dirayakan dengan aksi solidaritas oleh Pro Fauna Indonesia, Sabtu (30/1/2016).

Sekitar 15 anggota Profauna melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan perburuan liar yang dilakukan manusia terhadap primata. Dalam aksi tersebut, terlihat dua pemburu sedang membawa hasil buruannya, yakni seekor orangutan dalam kondisi mati. Kemudian pemburu itu seolah akan menjual primata itu.

Koordinator aksi Swasti menjelaskan, aksi ini mencerminkan banyaknya perburuan liar yang mengancam kehidupan dan kelestarian primata.

"Banyak manusia hanya untuk kepentingan pribadinya memburu primata yang sudah hampir punah. Aksi ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap primata," ujar Asti, panggilan karibnya.

Mirisnya, perburuan primata bukan hanya untuk dijual dalam kondisi hidup. Namun ada pula primata yang dijual dalam kondisi mati, dengan tujuan menjual kembali agar organ primata untuk menjadi bahan dasar kerajinan.

"Bahkan ada yang membeli primata mati lalu diawetkan untuk dikoleksi. Ini menunjukan manusia sendiri sudah tidak lagi peduli akan keberlangsungan hidup primata," tambah Asti.

Ia pun berharap, aksi yang digelar di depan @MX Mall ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih peduli dan bersama menjaga primata khususnya di Indonesia. (*)

Pewarta : Tristania Dyah
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Alwan Muhammad
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top