Hari Primata, Profauna Gambarkan Primata yang Mati di Tangan Pemburu

Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)
Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)

MALANGTIMES - Hari Primata Indonesia yang jatuh tiap tanggal 30 Januari, dirayakan dengan aksi solidaritas oleh Pro Fauna Indonesia, Sabtu (30/1/2016).

Sekitar 15 anggota Profauna melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan perburuan liar yang dilakukan manusia terhadap primata. Dalam aksi tersebut, terlihat dua pemburu sedang membawa hasil buruannya, yakni seekor orangutan dalam kondisi mati. Kemudian pemburu itu seolah akan menjual primata itu.

Koordinator aksi Swasti menjelaskan, aksi ini mencerminkan banyaknya perburuan liar yang mengancam kehidupan dan kelestarian primata.

"Banyak manusia hanya untuk kepentingan pribadinya memburu primata yang sudah hampir punah. Aksi ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap primata," ujar Asti, panggilan karibnya.

Mirisnya, perburuan primata bukan hanya untuk dijual dalam kondisi hidup. Namun ada pula primata yang dijual dalam kondisi mati, dengan tujuan menjual kembali agar organ primata untuk menjadi bahan dasar kerajinan.

"Bahkan ada yang membeli primata mati lalu diawetkan untuk dikoleksi. Ini menunjukan manusia sendiri sudah tidak lagi peduli akan keberlangsungan hidup primata," tambah Asti.

Ia pun berharap, aksi yang digelar di depan @MX Mall ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih peduli dan bersama menjaga primata khususnya di Indonesia. (*)

Pewarta : Tristania Dyah
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Alwan Muhammad
  • Terpilih Ketua KONI Malang, Azyari Akan 'Tata Ulang' Cabor

    Ketua Umum KONI Kabupaten Malang terpilih untuk periode 2016 - 2020, Azyari akan menata kelola kelembagaan cabang olahraga (cabor).

  • Santap Hidangan Bersih Desa, 20 Warga Keracunan Makanan

    Sebanyak 20 warga Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), mengalami keracunan seusai menyantap makanan yang disediakan dalam persiapan acara bersih desa, Sabtu (28/5/2016). Mereka menjalani perawatan di puskesmas dan rumah sakit terdekat.

  • Torres Sambut Laga 'Hidup Mati' Kontra Madrid

    Penyerang Atletico Madrid, Fernando Torres menyebut final Liga Champions kontra Real Madrid akhir pekan ini merupakan pertandingan 'hidup mati' untuknya.

  • Simeone Tak Terganggu Tekanan 'Sejarah Buruk' Atletico

    Diego Simeone menegaskan jika dirinya tak terganggu dengan tekanan sejarah 113 tahun Atletico Madrid yang dipikulnya jelang final Liga Champions kontra sang tetangga, Real Madrid.

  • Menang dari Persegres, Arema Temui Aremania di Festival Motosport

    Usai menaklukkan tim tamu Persegres Gresik United 3-1, Arema menggelar acara meet and greet dalam acara Festival Motorsport 2016. Dalam acara yang berlangsung, Sabtu (28/5/2016) ini, Arema menjadi salah satu guest star sponsorshipnya yakni Corsa.

  • Malam ini, Daniel Sahuleka Sapa Penggemar Jazz Malang

    Dua Pemusik jazz Internasional, Daniel Sahuleka dan Nita Aartsen siap memberikan nuansa musik berbeda di Kota Malang melalui Malang Jazz Festival yang diselenggarakan Jade Entertaiment dan digelar Sabtu (28/5/2016) malam ini

  • Perbaikan Pasar Besar Diusulkan Lewat PAK

    Kepala Dinas Pasar Kota Malang Wahyu Setyanto mengatakan, pihaknya bersama Wali Kota Malang, dan dinas terkait akan melaksanakan rapat koordinasi pada Senin (30/5/2016) lusa terkait proses pembangunan ulang Pasar Besar.

  • Gus Ipul: Kebijakan Pro Lansia Masih Kurang

    Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifulah Yusuf mengatakan kedepan perlu ada perhatian khusus terhadap kaum lanjut usia (Lansia).

  • Azyari Terpilih Ketua KONI Kabupaten Malang

    Azyari terpilih sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Malang periode 2016 - 2020. Pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Persesori Kabupaten Malang ini unggul 8 suara dari pesaingnya, Agus Bintoro.

  • Kunjungi Masjid Cheng Ho di Jember, Khofifah Dapat Kejutan

    Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, sempat terharu ketika pembina Masjid Cheng Ho di Jember, Yos Sudarso, mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya.

  • KONI Jatim Apresiasi Dinamika Musorkab di Kabupaten Malang

    Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur memandang dinamika yang terjadi dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten Malang (Musorkab) V Tahun 2016 sangat luar biasa dan positif.

  • Aksi Peringati 10 Tahun Tragedi Lumpur Lapindo

    Puluhan warga korban lumpur panas Lapindo yang berada di dalam peta area terdampak (PAT), menggelar aksi peringatan tragedi 10 tahun semburan lumpur panas yang sudah terjadi sejak 29 Mei 2006 lalu.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top
TIMES Jakarta Batu TIMES Satriamedia