Hari Primata, Profauna Gambarkan Primata yang Mati di Tangan Pemburu

Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)
Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)

MALANGTIMES - Hari Primata Indonesia yang jatuh tiap tanggal 30 Januari, dirayakan dengan aksi solidaritas oleh Pro Fauna Indonesia, Sabtu (30/1/2016).

Sekitar 15 anggota Profauna melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan perburuan liar yang dilakukan manusia terhadap primata. Dalam aksi tersebut, terlihat dua pemburu sedang membawa hasil buruannya, yakni seekor orangutan dalam kondisi mati. Kemudian pemburu itu seolah akan menjual primata itu.

Koordinator aksi Swasti menjelaskan, aksi ini mencerminkan banyaknya perburuan liar yang mengancam kehidupan dan kelestarian primata.

"Banyak manusia hanya untuk kepentingan pribadinya memburu primata yang sudah hampir punah. Aksi ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap primata," ujar Asti, panggilan karibnya.

Mirisnya, perburuan primata bukan hanya untuk dijual dalam kondisi hidup. Namun ada pula primata yang dijual dalam kondisi mati, dengan tujuan menjual kembali agar organ primata untuk menjadi bahan dasar kerajinan.

"Bahkan ada yang membeli primata mati lalu diawetkan untuk dikoleksi. Ini menunjukan manusia sendiri sudah tidak lagi peduli akan keberlangsungan hidup primata," tambah Asti.

Ia pun berharap, aksi yang digelar di depan @MX Mall ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih peduli dan bersama menjaga primata khususnya di Indonesia. (*)

Pewarta : Tristania Dyah
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Alwan Muhammad
  • Batu Mulia Tidak Bisa Dinikmati Sendiri

    Direktur Utama JatimTIMES H. Gufron Marzuqi dan Staff Khusus Kementerian Sosial (Kemensos) RI Prof. Mas'ud Said secara khusus bertandang ke Perdagangan, Kontes Dan Sarasehan Batu Mulia 2016 di hari terakhir pada Senin (27/6/2016) malam.

  • Yuk Liburan Sambil Belajar Budidaya Ikan Mas

    Ikan mas sebenarnya suka memakan telurnya sendiri. Itulah sebabnya, dalam budidaya ikan mas ada proses pemijahan ikan jantan dan ikan betina dalam kolam khusus. Fungsinya agar telur-telur bisa diamankan agar tidak dimakan induknya sebelum menetas.

  • Tak Hanya Vaksin Dasar, Vaksin Mahalpun Rentan Palsu

    Penemuan vaksin palsu yang diproduksi di Bekasi dan Tangerang Selatan semakin membuat masyarakat resah, tak terkecuali yang ada di Kota Malang.

  • Dinkes Jamin Vaksin Palsu Tak Beredar di Jatim

    Dinas Kesehatan Jawa Timur menjamin keberadaan vaksin palsu yang beredar di tiga daerah yaitu Jabar, Banten dan DKI tidak beredar di Jatim.

  • Di India Berhias Kaligrafi, Taj Mahal Ini Bermotif Bunga

    Ada bangunan Taj Mahal di Jambuluwuk Batu Village Resort and Convention Kota Batu. Bukan bangunan sebenarnya, itu hanya replika tujuh keajaiban dunia yang terletak di Kota Agra India.

  • Sukses Jinakkan Slankers, Konser Megah Slank Berlangsung Tertib

    Slank tidak saja menjadi satu diantara sekian band papan atas yang masih bertahan puluhan tahun di dunia musik tanah air.

  • PKL Stadion pun Panen Rezeki

    Konser Religi, Slank-JatimTIMES yang digelar di Stadion Luar Kanjuruhan Malang, Senin (27/6/2016) tidak hanya menjadi ajang merajut kebersamaan

  • Moreno Kagumi Kreativitas MalangTIMES

    Pembalap mobil nasional, Moreno Soeprapto kagumi kreatifitas MALANGTIMES (JatimTIMES Group) yang sukses menggelar event akbar bertajuk Ramadhan Tolak Narkoba, sore tadi, Senin (27/6), di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

  • "Doa" Lagu Terbaru SLANK untuk Malang

    Konser Slank di Parkiran Stadion Kanjuruhan Malang tidak saja menyuguhkan lagu-lagu legendaris band yang berdiri tahun 1980 itu.

  • Moreno Soeprapto Didapuk Jadi Duta Tagana Anti Narkoba

    Ramadhan Tolak Narkoba bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Stadion Luar Kanjuruhan Kabupaten Malang juga diisi dengan penetapan Duta Tagana Anti Narkoba.

  • Slank Bakar Penonton Dengan Lagu Pembuka "Balikin"

    Grup band legendaris SLANK benar-benar membuktikan diri sebagai grup band paling ditunggu di Malang Raya.

  • Masjid Dirut JatimTIMES Diresmikan Mensos

    Kunjungan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa di Kota Malang sekaligus juga meresmikan masjid Al-Gufron milik Direktur Utama media online JatimTIMES, H. Gufron Marzuqi.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top
TIMES Jakarta Batu TIMES Satriamedia