Hari Primata, Profauna Gambarkan Primata yang Mati di Tangan Pemburu

Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)
Diceritakan dua pemburu membawa primata yang mati dalam aksi solidaritas yang digelar Profauna di depan @MX Mall, Sabtu (30/1/2016). (Foto : Tristania/Malangtimes)

MALANGTIMES - Hari Primata Indonesia yang jatuh tiap tanggal 30 Januari, dirayakan dengan aksi solidaritas oleh Pro Fauna Indonesia, Sabtu (30/1/2016).

Sekitar 15 anggota Profauna melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan perburuan liar yang dilakukan manusia terhadap primata. Dalam aksi tersebut, terlihat dua pemburu sedang membawa hasil buruannya, yakni seekor orangutan dalam kondisi mati. Kemudian pemburu itu seolah akan menjual primata itu.

Koordinator aksi Swasti menjelaskan, aksi ini mencerminkan banyaknya perburuan liar yang mengancam kehidupan dan kelestarian primata.

"Banyak manusia hanya untuk kepentingan pribadinya memburu primata yang sudah hampir punah. Aksi ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap primata," ujar Asti, panggilan karibnya.

Mirisnya, perburuan primata bukan hanya untuk dijual dalam kondisi hidup. Namun ada pula primata yang dijual dalam kondisi mati, dengan tujuan menjual kembali agar organ primata untuk menjadi bahan dasar kerajinan.

"Bahkan ada yang membeli primata mati lalu diawetkan untuk dikoleksi. Ini menunjukan manusia sendiri sudah tidak lagi peduli akan keberlangsungan hidup primata," tambah Asti.

Ia pun berharap, aksi yang digelar di depan @MX Mall ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih peduli dan bersama menjaga primata khususnya di Indonesia. (*)

Pewarta : Tristania Dyah
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Alwan Muhammad
  • Vizcarra Kembali Bermain di Sektor Kiri

    Pemain stylish Arema Cronus, Esteban Vizcarra mengatakan kalau dirinya akan kembali bermain disektor kiri.

  • Melunak, Pedagang Pasar Merjosari Boleh Pindah Akhir Tahun

    Dinas Pasar Kota Malang akhirnya melunak terkait perpindahan para pedagang Pasar Merjosari ke Pasar Terpadu Dinoyo yang sebelumnya ditarget selesai akhir September ini.

  • Riset terhadap Kerajaan Singhasari Tak Memadai, Butuh Terobosan Baru

    Singhasari Literasi Festival ini akan mengingatkan kepada bangsa Indonesia, bahwa Singhasari pernah menjadi kerajaan besar. Bahkan, terang sejarawan dari Universitas Negeri Malang (UM) Dwi Cahyono, Singhasari merupakan cikal bakal kerajaan-kerajaan besar

  • Mencari Kaitan Sejarah Budaya Kerajaan Singhasari dengan Singaraja

    Pencarian jejak sejarah Kerajaan Singhasari dimulai. Pada Selasa (27/9/2016) sore lalu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara menggelar konferensi pers Singhasari Literasi Festival di Hotel Solaris.

  • Xiaomi Mi 5, Satu Diantara Ponsel Android Terbaik 2016

    Ponsel pintar kian membanjiri pasar Indonesia. Lantas bagaimana konsumen memilih ponsel pintar dengan harga terbaik?

  • Kerap Lerai Ribut Rebutan Air, Juru Air Pakis Menuju Nasional

    Dari zaman dahulu sampai sekarang, bahkan hingga masa mendatang, air tetap menjadi kebutuhan pokok. Karenanya, jangan heran bila sampai ada pertengkaran memperebutkan air. Di Kabupaten Malang pun, ribut-ribut memperebutkan air juga kerap terjadi, apalagi

  • Buset, Bunga di Dinas Ini Nyindir yang Enggak Bisa Move On

    Bagi kamu- kamu yang masih belum bisa move on dari mantan, patut malu terhadap bunga yang ada di depan Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Malang ini.

  • Pariwisata di Kota Malang Belum Sentuh Semua Kalangan

    Pariwisata untuk Semua, Tourism For All. Tema peringatan Hari Pariwisata Dunia hari ini, Selasa (27/09/2016) nampaknya masih berbanding terbalik dengan perkembangan pariwisata di Kota Malang.

  • Hasil Riset UB: Karangploso, Contoh Urban Spraw

    Gejala urban spraw (perkembangan perumahan tanpa terkontrol) yang ditandai dengan alih fungsi lahan pertanian di wilayah pinggiran kota, kini semakin menggurita di berbagai kecamatan di Kabupaten Malang.

  • 700 Kios Pasar Dinoyo Siap, Pedagang Masih Sepi

    Imbauan dari Dinas Pasar Kota Malang kepada para pedagang di Pasar Penampungan Sementara Merjosari untuk segera pindah ke Pasar Terpadu Dinoyo nampaknya masih belum banyak dituruti pedagang.

  • Optimisme Milomir Seslija Jelang Hadapi Mitra Kukar

    Kubu Arema Cronus mengaku sedikit berada di atas angin jelang laga melawan Mitra Kukar dalam lanjutan TSC A 2016, Jum'at (30/09/2016) di Stadion Gajayana Malang.

  • Tagana Kabupaten Malang Siap dan Tanggap Bencana

    Memantapkan kapasitas kelembagaan pengelolaan bencana dan logistik di Kabupaten Malang, Taruna Siaga Bencana (Tagana) digembleng sosialisasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top
TIMES Jakarta Batu TIMES Satriamedia