Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan Hari AIDS Sedunia

Edukasi HIV di Indonesia Perlu Ditingkatkan

Penulis : Deasy Mayasari - Editor : Redaksi

01 - Dec - 2015, 06:06

Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

MALANGTIMES - Edukasi mengenai HIV pada masyarakat Indonesia dinilai masih kurang oleh Executive Director Indonesian Business Coalition on Aids (IBCA) Ramdani Sirait. Kurangnya edukasi ini mengakibatkan pandangan atas HIV masih menjadi hal yang menakutkan.

Edukasi HIV ini juga sangat diperlukan agar masyarakat semakin mengerti bagaimana menyikapi HIV. Saat ini masyarakat Indonesia masih enggan terbuka terhadap status pengidap HIV karena masih terjadinya diskriminasi dari lingkungan sekitar.

"Penting untuk mengedukasi bahwa HIV sebenarnya tidak gampang menulari seseorang. Tetapi sampai saat ini ada stigma takut tertular. Jangan sampai diskriminasi seperti itu, HIV memerlukan aktivitas tertentu yang menyebabkan tertular. Selain itu, dengan paham HIV bisa mencegah kasus baru," jelas Ramdani di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Ramdani berharap adanya larangan diskriminasi terhadap pengidap HIV, termasuk di lingkungan kerja. Perusahaan juga diharapkan tidak melakukan PHK terhadap karyawan yang mengidap HIV. Perusahaan justru perlu melakukan tindakan pencegahan dan memberikan edukasi terhadap karyawannya. (*)


Topik

Kesehatan hiv-aids penularan-hiv/aids edukasi-hiv


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Deasy Mayasari

Editor

Redaksi