MALANGTIMES - Sejumlah 22 guru PAUD Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang digembleng oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) dalam kegiatan UIN Mengabdi beberapa waktu yang lalu.

Para guru tersebut mengikuti kegiatan UIN Mengabdi di Hotel Pelangi Jalan Merdeka Selatan. Salah satu pemateri yakni dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Malang, Dr M In'am Esha MAg.  

Mengawali materinya, peserta diberi motivasi dan wawasan bagaimana memanfaatkan golden age pada anak usia dini. Yakni mulai dari usia 0-7 tahun hingga memasuki 8-14 tahun dan usia 15-21 tahun.

Menurut In'am, yang menjadi tantangan guru PAUD saat ini yakni bagaimana menyikapi perubahan lingkungan yang serba digital.

Guru PAUD harus memanfaatkan teknologi yang berkembang agar bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap tumbuh kembangnya anak. "Untuk itu, melalui kegiatan penguatan keterampilan kepengasuhan guru PAUD harus di-upgrade," tegas In'am.

Pendidikan nonformal PAUD, ditegaskannya, harus bisa memaksimalkan masa keemasan tumbuh kembang anak secara maksimal yang sesuai dengan perkembangan era digital atau native digital.

In'am menyampaikan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan kementerian pemberdayaan perempuan dan anak, pendidikan yang diterima laki-laki dan perempuan saat ini hampir seimbang. "Hal ini menunjukkan bahwa tren tingkat partisipasi pendidikan laki dan perempuan hampir seimbang," jelasnya.

Ia menambahkan, orang tua pun jangan hanya mengukur kecerdasan anak dari nilai rapor saja. Sementara guru juga harus memiliki kemampuan beradaptasi yang bagus. Baik dengan anak didiknya maupun lingkungan untuk mendukung perkembangan anak. "Ini hal sederhana tapi sangat penting untuk dilakukan," pungkasnya.

Selain itu, turut hadir narasumber dari Lembaga Penjaminan Mutu UIN Maliki Malang Dr Abdul Malik Karim Amrullah MPd. Ia memberikan materi dengan judul Optimalisasi Bakat dan Minat Anak Sejak Dini dengan Pendekatan Cybernetik.