MALANGTIMES - Pasca dilantik sebagai anggota DPRD Kota Malang 2019-2024 pada Sabtu (24/8) yang lalu, rupanya dewan bergerak cepat. Tak ayal pembagian fraksi partai di DPRD Kota Malang, sudah mulai digarap.

Ketua DPRD Kota Malang sementara I Made Rian DK mengatakan jumlah fraksi DPRD Kota Malang untuk masa jabatan lima tahun kedepan sebanyak 6 fraksi. Rinciannya, 4 fraksi yang tetap yakni fraksi PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, dan PKS. Sementara 2 lainnya merupakan fraksi gabungan partai politik, yaitu Demokrat-PAN-Perindo dan fraksi Golkar-Nasdem-PSI.

"Iya untuk fraksi kali ini ada 6 fraksi. Selaku pimpinan sementara kita berkirim surat ke partai politik-partai politik untuk segera memutuskan fraksi ini maksimal tanggal 29 Agustus," ujarnya saat ditemui di gedung DPRD Kota Malang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, terkait beberapa agenda anggota dewan yang harus segera dilakukan pihaknya juga berkirim surat kepada 4 parpol dengan fraksi tetap agar segera mengirimkan surat keputusan penunjukan Ketua dan Wakil Ketua definitif. Karena berkaitan dengan agenda-agenda yang harus dikerjakan berikutnya. "Untuk pimpinan definitif kita minta maksimal tanggal 4 September sudah harus masuk surat keputusannya," imbuhnya.

Hal tersebut mengingat pembentukan alat kelengkapan dewan baru bisa dibentuk oleh empat pimpinan dewan definitif. Selain itu masih ada beberapa agenda penting lainnya yang juga harus segera dikerjakan oleh anggota dewan yang baru ini. Karenanya, ia berharap semua persiapan-persiapan tersebut bisa segera terselesaikan.

"Alat kelengkapan dewan itu hanya bisa dibentuk oleh 4 pimpinan definitif, karena itu pimpinan sementara hanya bertugas membentuk fraksi dan mempersiapkan pimpinan definitifnya. Karena agendanya sangat padat, saya harapkan persiapan-persiapan ini bisa selesai secepatnya," pungkas dia.