Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tahun ke Dua Penerapan Zonasi, PPDB Masih Terus Dievaluasi

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : A Yahya

14 - Jul - 2018, 19:15

ilustrasi pendaftaranonline.web.id
ilustrasi pendaftaranonline.web.id

MALANGTIMES - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem zonasi memasuki tahun ke dua dan masih terus dievaluasi. Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Indonesia Muhadjir Effendi menyebut jika sistem yang digunakan tersebut masih terus disempurnakan.

Dibanding tahun sebelumnya, PPDB berbasis zonasi tahun ini menurutnya lebih tertata. Namun memang masih menjadi pekerjaan rumah karena ada beberapa keluhan yang disampaikan. 

Baca Juga : Ini Kebijakan Mendikbud Nadiem soal UN, UAS, hingga PPDB

"Kan ini masih tahun ke dua. Ke depan sistem zonasi ini akan menjadi landasan kebaikan, revitalisasi, dan restrukturalisasi sekolah," katanya usai meresmikan gedung Museum Mpu Purwa di Kota Malang, Sabtu (14/7/2018).

Data penerapan sistem zonasi itu ke depan menurut Muhadjir akan digunakan sebagai basis penyempurnaan sekolah. Tak hanya penerimaan siswa baru, melainkan juga penataan guru hingga bantuan sekolah. Di mana kapasitas yang digunakan akan disesuaikan sesuai dengan zonasi yang ada.

Dia pun optimis jika penerapan sistem zonasi ini nantinya dapat mengurai hiruk pikuk PPDB yang selalu menjadi langganan setiap tahunnya. Karena dengan data yang ada, siswa yang akan memasuki jenjang berikutnya dapat dilihat dengan terbuka.

Baca Juga : Dinas Tunggu Instruksi Bupati Malang untuk Liburkan Sekolah

"Misalnya yang mau alih jenjang ke SMP, maka data anak kelas enam SD di wilayah yang sama bisa dilihat dan akan disesuaikan nanti kapasitasnya sesuai kebutuhan. Begitu juga yang akan masuk ke SMA, datanya bisa dilihat dari kelas III SMP," urai mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.


Topik

Pendidikan PPDB-sistem-zona-tahun-ke-dua-masih-terus-di-evaluasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

A Yahya