Resmikan Museum Mpu Purwa, Mendikbud Harap Jadi Pusat Edukasi

Mendikbud Muhadjir Effendy bersama Plt Wali Kota Malang Sutiaji saat meresmikan Museum Mpu Purwa. (Foto: Kominfo Kota Malang for MalangTIMES)
Mendikbud Muhadjir Effendy bersama Plt Wali Kota Malang Sutiaji saat meresmikan Museum Mpu Purwa. (Foto: Kominfo Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy hadir meresmikan Museum Mpu Purwa, hari ini (14/7/2018). Museum di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang itu hadir dengan kemasan modern dengan sentuhan beberapa kecanggihan teknologi. Muhadjir berharap, museum tersebut bakal mampu menjadi pusat edukasi sejarah. 

Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang, museum dua lantai itu memang memiliki tampilan yang cukup berbeda dari museum-museum lain. Barang-barang koleksinya diletakkan di meja-meja khusus, sebagian dilindungi bingkai kaca. Tiap arca yang ada, dilengkapi lampu warna-warni yang membuat benda purbakala semakin tampak artistik.

Tak hanya itu, di setiap koleksi terdapat kode batang atau QR Code yang dapat dipindai melalui telepon genggam berbasis Android. Nantinya, informasi terkait benda bersejarah tersebut bisa langsung dibaca di layar ponsel. Ditambah lagi, monitor-monitor besar yang bisa digunakan untuk memutar film animasi terkait sejarah benda-benda koleksi museum. 

Mendikbud Muhadjir Effendy berharap adanya Museum Mpu Purwa ini menjadi zona budaya yang betuI-betul potensial. "Museum ini sangat baik untuk proses edukasi," kata Muhadjir. Selain itu, dia juga meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mendata para seniman di Kota Malang. "Semoga di hari tua para seniman bisa mendapatkan penghargaan dari kementerian. Di tahun 2019 akan ada alokasi khusus untuk cagar budaya di Indonesia," sambungnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Plt Wali Kota Malang, Sutiaji; Sekda Kota Malang, Wasto; Rektor UMM, Fauzan; Kepala Disbudpar Kota MaIang, Ida Ayu Made Wahyuni; serta jajaran  asisten Pemkot Malang. Dalam sambutannya, Sutiaji meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghormati jasa para pejuang. "Mudah-mudahan dengan adanya Museum MPU Purwa ini dapat menjadikan wisata edukasi bagi masyarakat," ujar Sutiaji. 

Museum Mpu Purwa sendiri dibangun menggunakan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 4,7 miliar. Terdapat setidaknya 130 koleksi yang didominasi arca dan patung. Pengunjung pun bisa menikmati museum secara gratis.

Editor : A Yahya
Publisher : sandi permana soebagio

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top