Rekapitulasi Rampung, Paslon SAE Tak Bisa Langsung Ditetapkan sebagai Pemenang

foto istimewa (bangkapos.com)
foto istimewa (bangkapos.com)

MALANGTIMES - Menang dalam tahap rekapitulasi kota, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang periode 2018-2023 Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko tak bisa langsung ditetapkan.

Hal ini berbeda dengan proses demokrasi lima tahun lalu, di mana Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat langsung menetapkan calon terpilih.

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Hukum, Fajar Santosa menyampaikan, sesuai PKPU Nomor 1 Tahun 2018 tentang tahapan Pilkada, maka pasangan yang unggul hingga tahap rekapitulasi tingkat kota dan provinsi tak dapat ditetapkan sebelum ada keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau lima tahun lalu, setelah menang direkapitulasi tingkat kota maka bisa ditetapkan sebagai pasangan terpilih," katanya pada wartawan baru-baru ini.

Surat keputusan MK yang dimaksud itu menurut Fajar berupa penetapan hasil pemilihan tanpa adanya perselisihan yang tercatat pada register perkara MK.

Ketika MK menyatakan Kota Malang sudah tidak ada gugatan dan perselisihan, maka calon yang unggul dapat ditetapkan sebagai pasangan terpilih.

"MK akan mengirim notifikasi tersebut kepada KPU Kota Malang melalui KPU Provinsi Jawa Timur pada 23 Juli mendatang," jelas Fajar.

Proses yang berbeda dibanding lima tahun lalu itu menurutnya dikarenakan konteks pemilihan yang bersifat serentak. Sehingga, penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilihan (PHP) akan dikeluarkan sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Dan keputusan itu mengandung kekuatan hukum. Kalau dulu tiga hari kerja pasca penghitungan atau rekapitulasi tingkat kota, pasangan unggul sudah ditetapkan sebagai pasangan terpilih. Sekarang berbeda," imbuhnya.

Lebih jauh Fajar menyampaikan jika Pilwali Kota Malang tahun ini jauh dari permasalahan hukum. Sejauh ini hanya ada satu gugatan yang disampaikan selama tahap pemilihan dan oleh MK tidak ada permohonan sengketa.

"Jadi relatif tidak ada gugatan selama proses Pilkada berlangdung," pungkasnya.

Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top