Evaluasi Pencarian Korban Longsor TPA Supit Urang, Sekda Kota Malang Instruksikan Penambahan Personel

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto saat melakukan dialog dengan tim pencarian korban longsor sampah TPA Supit Urang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto saat melakukan dialog dengan tim pencarian korban longsor sampah TPA Supit Urang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berupaya agar pencarian korban longsor sampah TPA Supit Urang segera diketemukan. Salah satunya dengan menambah personel tim pencarian korban atas nama Agus Sujarno yang terjebak dalam timbunan sampah sejak Rabu (11/7/2018) kemarin.

Kamis (12/7/2018) petang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto meninjau lokasi pencarian korban di TPA Supit Urang, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun. Wasto menuturkan, untuk pencarian hari ketiga Jumat (13/7/2018) besok operasi SAR akan ditambahkan personel dari pasukan kuning dan akan dimaksimalkan.

Wasto mengaku mencoba memahami kondisi di lapangan berdasarkan identifikasi dan laporan seluruh tim yang terlibat selama ini. "Saya salut, respons dari seluruh komponen yang ada untuk menemukan korban secepat mungkin. Berdasarkan laporan demi laporan saya tegaskan, besok tolong dimobilisasi peralatan," ujarnya.

Dia juga menginstruksikan agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menerjunkan seluruh peralatan yang ada. "Jangan sampai pekerjaan pencarian ini terganggu dengan alasan keterbatasan peralatan, di DLH banyak. Jangan sampai ada keterbatasan personel," tegasnya.

Terlebih, lanjut Wasto, pencarian di lokasi TPA membutuhkan energi lebih. "Kerja di TPA yang notabene kena polusi sampah itu cepat capek dibandingkan di luar, maka saya minta bergiliran. Jadi barangkali 15 menit capek, maka sudah istirahat dulu," terangnya. Dalam artian, dilakukan pergantian personel setiap 15 menit. Satu kelompok pencari yang bertugas ada 10 personel. "Terus berganti jangan berhenti, karena hasilnya akan lebih maksimal," ujarnya.

Wasto juga mengucapkan terima kasih terhadap seluruh elemen yang terlibat dalam pencarian korban. "Relawan dari semua unsur, masyarakat sekitar termasuk paguyuban pemulung, solidaritas cukup bagus dan membatu ikut bekerja. Pihak pemkot juga akan terus memantau kegiatan OPS SAR sampai korban bisa ditemukan," tegasnya. 

Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top