Antisipasi Pohon Tumbang, Disperkim Kota Malang Lakukan Penebangan di Beberapa Titik

Petugas pertamanan yang melakukan pemotongan pohon (Disperkim Kota Malang for MalangTIMES)
Petugas pertamanan yang melakukan pemotongan pohon (Disperkim Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mengantisipasi banyaknya pohon mati yang tumbang dan menimbulkan korban jiwa atau kerugian materil, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), melalui Bidang Pertamanan menebang lima pohon mati di beberapa titik kawasan Kota Malang, Kamis (12/7/2018).

Pohon-pohon yang ditebang ada di beberapa titik jalan, yakni di Jalan Tlogomas satu pohon mati berjenis pohon Sono, di Jalan Kalpataru, satu pohon berjenis visilium dan di Jalan Coklat satu pohon berjenis pohon Sono.

"Mayoritas memang pohon sono yang mati, kami tebang, kami potong, supaya tidak tumbang, kan rawan kalau sudah mati," ungkap Kabid Pertamanan Disperkim Kota Malang Ir. kuncahyani.

Setelah pemotongan dilakukan, lanjutnya, bekasnya akan ditanami lagi pohon pengganti sehingga Kota Malang tetap dalam kondisi hijau dan sejuk.

"Perawatan terhadap pohon-pohon agar dilakukan secara berkala. Seperti kemarin kita laksanakan penyiraman pohon dan perawatan di Jalan Sudimoro utara," ungkapnya.

"Pohon adalah pabrik oksigen. Bagi kami amat sangat berharga. Oleh karena itu, kami akan selalu berupaya menambah dan mempertahankannya," tambahnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, ke depan Inovasi jangka panjang akan dilakukan Bidang Pertamanan dengan membuat suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk penebangan pohon.

Dengan sistem SPK tersebut diharapkan bisa membantu memberikan keputusan untuk kepada para petugas lapangan untuk melakukan penebangan pohon yang memang layak untuk ditebang

Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top