Mencari Jajanan Khas Kota Batu, Makanan Tradisional yang Satu Ini Bisa Jadi Pilihan

Salah satu pengunjung saat memilih ladu di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu pengunjung saat memilih ladu di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Berwisata ke Kota Batu tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah pasti kurang lengkap. Mencari jajanan yang sangat khas di Kota Batu, ladu bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Ladu dulunya merupakan suguhan yang hanya disantap pada bulan Ramadan dan Lebaran saja. Seiring berjalannya waktu, saat ini bisa disajikan sewaktu-waktu.

“Ladu ini dulunya hanya ada saat bulan Ramadan atau Lebaran. Di luar itu enggak disajikan, tetapi sekarang sudah tidak seperti itu,” ungkap Sumani, pembuat ladu Dusun Kandangan, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. 

Lebih tepatnya jajanan ladu ini merupakan jajanan khas yang ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.  Resep yang digunakan pun sudah turun temurun. 

“Kebetulan memang resep yang kami gunakan ini  sudah turun- temurun dari nenek buyut kami. Dan pembuatannya juga masih menggunakan cara tradisional,” imbuhnya, Sabtu (23/6/2018).

Sumani pun tak segan membagikan resep untuk membuat ladu ini. Hanya membutuhkan bahan pokok beras ketan dan gula serta bumbu. Peralatan yang digunakan pun menggunakan alat tradisional.

“Karena kami masih menerapkan resep turun temurun sehingga kita pakai alat-alat tradisional saah satunya lumpang. Supaya rasanya tetap terjaga,” jelas perempuan 65 tahun ini.

Untuk proses pembuatan ladu berawal dengan menanak beras ketan hingga matang. Kemudian ketan yang matang dijemur dan dihaluskan dengan menggunakan lumpang.

Setelah halus, ketan tersebut diberi gula serta bumbu untuk kemudian diblender serta dipotong kecil-kecil. Harganya untuk satu kantong plastik, dipatok Rp 36 ribu.

Menurutnya untuk hari biasa hanya menghabiskan 5 kilogram beras ketan namun saat Ramadan hingga lebaran bisa menghabiskan 5 kwintal beras ketan.

Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top