Pantau Kemacetan di Kota Batu, 20 CCTV Dikerahkan

Petugas saat mengecek kondisi CCTV di simpang empat Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Petugas saat mengecek kondisi CCTV di simpang empat Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Mempermudah monitoring kemacetan yang bakal terjadi saat arus mudik dan balik lebaran 2018 Pemkot Batu siapkan CCTV. Totalnya ada 20 kamera CCTV yang telah terpasang di 12 titik jalan Protokol Kota Batu. 

Fungsi dari CCTV ini adalah untuk mengawasi dan merekam lalu lintas di jalan-jalan protokol. Dalam rekaman CCTV itu bisa dilihat secara realtime. 

“CCTV ini sangat penting untuk melihat arus kendaraan, sehingga kami juga telah melakukan pengecekkan agar berfungsi dengan baik,” ungkap Romi Staf Bidang Lalu Lintas, Seksi Menejemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Batu

Keberadaan CCTV mempermudah mengambil tindakan saat terjadi kemacetan. Sebab jika terjadi hal tersebut petugas bisa langsung menuju area untuk mengurai kemacetan. 

“Dengan CCTV ini akan mempermudah kami untuk bertindak lebih cepat. Sehingga tidak sampai lama, karena kalau lama tentunya macet panjang,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pemantauan sudah dilakukan sejak 7-24 Juni mendatang. Sedangkan petugas akan melakukan pemantauan selama 24 jam. 

“Jadi kita akan bertugas selama 24 jam. Karena kota Batu sebagai kota wisata saat libur harus standby,” jelas Romi.

Sudah mengawasi dan juga merekam arus lalu lintas yang terpantau. "Semuanya terkoneksi, dan bisa dilihat di ruang milik Dinas Perhubungan yang ada di Sultan Agung," ungkap Romi. 

Sedangkan untuk bisa melihat kondisi arus lalu lintas ini dipantau di kantor Dinas Perhubungan Jl Sultan Agung, Kecamatan Batu. 

Selain itu fungsi dari rekaman CCTV ini bisa digunakan untuk antisipasi tidak kriminal dan juga mengungkap peristiwa kejahatan. Tidak hanya itu saja melalui CCTV juga membantu fungsi kontrol warning light. 

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top