Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mudik, Ini Tips yang Harus Selalu Diterapkan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Jun - 2018, 15:19

Ilustrasi mudik (wartabromo)
Ilustrasi mudik (wartabromo)

MALANGTIMES - Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ataupun kebakaran saat mudik, masyarakat tentunya harus berhati-hati dan perlu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan sebelum mudik Lebaran. 

Meskipun mudik sudah menjadi rutinitas warga setiap tahun, masih banyak juga masyarakat yang terkadang lalai dalam persiapan sebelum mudik hingga akhirnya menyebabkan sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Kasubag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengungkapkan, sebelum mudik, banyak hal penting yang memang harus dilakukan untuk menjaga keamanan diri sendiri maupun sekitar. Misalnya, sebelum mudik, masyarakat harus mematikan aliran listrik, mematikan lampu yang tidak terpakai, mengunci seluruh pintu, mematikan kompor serta melepas selang tabung gas dan melapor kepada RT serta menitipkan kepada tetangga yang tidak mudik.

"Nah hal inilah yang harus diperhatikan. Meskipun sudah jadi agenda tiap Lebaran, masih saja banyak yang lupa akan hal-hal tersebut," ucap dia.

Selain persiapan untuk pengaman rumah, ketika mudik, lagi-lagi hal penting yang harus dicermati adalah kondisi kendaraan. Sebelum mudik, akan lebih baik jika masyarakat menyervis kendaraan mereka ke bengkel untuk memastikan kondisi kendaraan siap untuk digunakan mudik.

"Cek ban depan belakang, apakah kempes atau tidak. Cek oli, semua lampu kendaraan dan juga surat-surat seperti SIM, STNK. Bawa barang secukupnya dan tidak memakai perhiasan yang bisa mengundang pelaku kejahatan di jalan," ungkap Made.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Dengan melakukan hal-hal penting tersebut, tentu semuanya akan kembali ke masyarakat sendiri. Mereka bisa tenang dalam menikmati mudiknya tanpa adanya ganguan atau musibah dengan antisipasi tersebut. "Makanya masyarakat harus lebih teliti dan jangan sampai mengabaikan hal-hal kecil terkait keamanan," pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa tips-mudik Polres-Malang-Kota mudik-Lebaran


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni