Jaga Berat Badan Selama Lebaran, Ini Tips dari Pakar Gizi

Ilustrasi (MeraMuda)
Ilustrasi (MeraMuda)

MALANGTIMES - Saat Lebaran tiba, menjaga berat badan agar tak naik menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Soalnya, bukan hanya berimbas pada penampilan, menjaga asupan agar tak berpengaruh pada berat badan juga sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Ahli gizi Ayu Bulan Febry K.D. AMG SKM MM menyampaikan bahwa menjaga kebugaran amat penting. Terlebih saat Lebaran tiba. Ada begitu banyak olahan yang mengandung kalori dan lemak, tapi sayang untuk dihindari karena memang enak.

Mengonsumi olahan yang kaya akan lemak, menurut Febry, memang bukan sesuatu yang harus dihindari. Selama takarannya sesuai dan tak berlebihan, mengonsumsi olahan berlemak masih diperbolehkan untuk kesehatan.

Tapi jika kalian takut akan mengalami kegendutan, ada baiknya mengikuti tips dari Febri seperti yang dibagi dengan MalangTIMES berikut ini. Salah satunya adalah membuat olahan yang lezat tapi tetap bergizi.

Pertama adalah sup tofu gurih. Bahan yang harus disiapkan untuk hidangan ini adalah daging ayam tanpa lemak yang potong tipis memanjang, tofu yang dipotong-potong, susu kedelai tawar, jagung manis (cincang halus), bawang bombay (cincang halus), daun bawang perai (potong serong kasar), merica bubuk, pala bubuk, dan minyak kelapa.
 
Cara membuatnya pun tergolong simpel. Pertama tumis bawang putih, bawang bombay dan daun bawang hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna. Tuangkan susu,lalu masukkan jagung dan wortel, masak hingga mendidih. Tambahkan tofu dan sisa bumbu lainnya, masak hingga matang, angkat, dan ajikan dengan bahan taburan.

Lanjut ke resep kedua, yaitu asem-asem cumi. Bahannya cumi kupas (potong 1 cm), jeruk nipis (potong 2 bagian), daun salam, lengkuas (kupas dan memarkan), tomat hijau (potong 6 bagian
Satu buah tomat dan potong dadu), paprika merah (potong dadu), cabai merah (potong 1 cm), bawang perai (iris tipis), belimbing wuluh (potong 1 cm), garam secukupnya, cabai bubuk, gula pasir secukupnya, dan minyak goreng.
 
Selanjutnya, jangan lupa siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih ya guys. Cara membuatnya, pertama perciki cumi dengan perasan jeruk nipis,diamkan selama beberapa saat. Panaskan minyak,tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga harum.

Langkah selanjutnya masukkan cumi,tomat,paprika merah dan semua cabai .Tumis hingga cumi berubah warna.
Tuang air, tambahkan bawang prei, belimbing wuluh, air asam Jawa, kecap ikan, garam, cabai bubuk dan gula. Aduk rata. Masak hingga mendidih, kemudian angkat dan sajikan. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top