Sampah Tak Bisa Libur, Selama Lebaran Dinas Lingkungan Hidup Tetap Standby

Pasukan kuning DLH Kota Malang saat membawa gerobak sampah. (Malangkota.go.id)
Pasukan kuning DLH Kota Malang saat membawa gerobak sampah. (Malangkota.go.id)

MALANGTIMES - Menjaga Kota Malang tetap bersih dan indah selama masa libur Lebaran, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bakal terus bekerja. 

Langkah itu diambil DLH karena meskipun libur panjang, sampah tidak ikut "libur" setiap hari alias tetap ada.

Kepala DLH Kota Malang Agoes Edy Poetranto mengungkapkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk tetap masuk selama libur Lebaran. Sistemnya, bergilir atau piket.

"Saya memang menginstruksikan ke beberapa jajaran agar tetap piket. Soalnya, kan memang nggak mungkin sampahnya libur," ungkap mantan kasatpol PP tersebut.

"Saya sudah minta kepada unit pelaksana teknis (UPT) tempat pembuangam akhir (TPA), UPT penampungan dan pengelolaan sampah (PPS) atau namanya rumah pengelolaan kompos dan daur ulang (PKD), UPT perbengkelan dan bidang kebersihan," imbuhnya.

Meskipun begitu, lanjut Agoes, pihaknya tetap memberikan toleransi atau kesempatan kepada rekan-rekan di jajarannya untuk turut menunaikan salat Id bersama keluarga masing-masing.

"Kan meskipun ditinggal mudik ribuan mahasiswa yang pulang ke kampung halamannya masing-masing, Kota Malang tetap saja padat oleh pemudik yang memang pulang kampung ke Kota Malang. Tentunya mereka menyumbang sampah juga," bebernya.

Selain itu, para pemudik yang hanya singgah di Kota Malang tak terhindarkan juga memberikan kontribusi terkait sampah. Bahkan selepas melakukan salat Idul Fitri, sampah-sampah koran maupun plastik yang digunakan alas para jamaah juga begitu banyak menumpuk.

"Maka dari itu. ya tidak libur. Sistem piket. Kalau sampah sampai libur. Ya enak Mas Semua bisa liburan," pungkasnya. (*)

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top