Ketemu Para Takmir Masjid, Polres Malang Kota Deklarasi Tolak Politisasi Masjid

Suasana Deklarasi bersama para takmir masjid (Humas Polres Malang Kota )
Suasana Deklarasi bersama para takmir masjid (Humas Polres Malang Kota )

MALANGTIMES - Menghindari Masjid dijadikan sebagai tempat penyebaran paham radikal maupun di salah gunakan sebagai tempat politik atau kampanye, Polres Malang Kota bersama 100 takmir Masjid yang tergabung dalam Dewan Masjid Indonesia Malang (DMIM) melakukan deklarasikan tolak politisasi Masjid.

Terdapat lima hal yang menjadi kesepakatan. Pertama, menjaga peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, pusat gerakan dakwah serta gerakan sosial keagaaman. 

Kedua, menyerukan umat Islam turut serta terlibat aktif memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah dan penyampaian ajaran islan yang rahmatalilalamin. Ketiga, menjaga suasana umat yang harmonis serta menjaga perbedaan yang ada dengan penuh ukhuwah dan damai. 

Keempat, menolak segala bentuk ceramah provokatif dan kegaitan politik lainnya yg bertujuan utk politik praktis. Kelima, menjaga dan memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah dan menyampaikan ajaran islam yang rahmatalilalamin. 

Keenam, menolak ajaran radikal yang merusak sendi-sendi perdamaian di masyarakat yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. NKRI dan Pancasila adalah final.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri menjelaskan, deklarasi tersebut memang mengantisipasi paham radikal dan politisasi di masjid. Disana disampaikan bagaimana radikalisme dan terorisme itu. 

" Selain itu, tadi juga disampaikan terkait Pilkada. Para takmir harus bersama-sama membentengi agar masjidnya tidak digunakan untuk tempat politik dan tempat kampanye," jelasnya di Masjid Sabililah, Blimbing (11/6/2018).

Karena itulah, diharapkan peran tegas Takmir Masjid dalam melakukan penolakan manakala terdapat ceramah-ceramah yang berbau politis, agar Masjid memang benar-benar digunakan murni sebagai tempat ibadah

Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top