Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno Lebih Dekat dengan Alexa

Alexa, Sediakan Data Lalu Lintas Pengunjung Puluhan Juta Situs Seluruh Dunia

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Lazuardi Firdaus

07 - Jun - 2018, 12:51

Alexa menampilkan traffic website MalangTIMES (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Alexa menampilkan traffic website MalangTIMES (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Alexa. Mendengar nama ini barangkali masih asing di telinga pembaca MalangTIMES. Alexa bukanlah nama seorang wanita. Bukan. Ia adalah situs anak perusahaan Amazon.com, perusahaan daring yang berkantor di Washington, Amerika Serikat.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Ia menyediakan informasi tentang peringkat suatu situs. Selain itu, ia menyediakan data terkait traffic website atau lalu lintas pengunjung terutama bagi situs bisnis online.

Toolbar (ikon atau tombol) yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan pengguna di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Di sana data-data dianalisa sebagai dasar laporan website traffic. Tercatat tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar oleh Alexa.

Dan berikut penjelasan secara singkat tentang Alexa yang diunggah oleh YouTuber Nathan Baily dalam video berdurasi 8 menit 23 detik yakni sebagai berikut.

Mulanya, Alexa adalah sebuah perusahaan independen yang berdiri pada tahun 1996. Pada tahun 1999, diakusisi oleh Amazon. Nilai akuisisi Alexa cukup besar yakni senilai 250 juta Dollar yang dibayarkan dalam bentuk saham oleh Amazon.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Dalam tulisan selanjutnya, akan dibahas lebih jauh tentang Alexa dan situs-situs website yang menjadi mitra dan bagaimana rank situs- situs tersebut. (*)


Topik

Tekno berita-malang traffic-website-MalangTIMES Alexa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Lazuardi Firdaus