Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sambangi Kawasan Kos, Safari Ramadan Ingatkan Soal Kerawanan Tindak Kriminal

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

24 - May - 2018, 14:41

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Malang Abdul Malik saat memberi sambutan dalam kunjungan Safari Ramadhan Pemkot Malang di Masjid Manarul Huda Kelurahan Sumbersari. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)
Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Malang Abdul Malik saat memberi sambutan dalam kunjungan Safari Ramadhan Pemkot Malang di Masjid Manarul Huda Kelurahan Sumbersari. (Foto: Nurlayla Ratri/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masjid Manarul Huda menjadi lokasi yang kelima dalam pelaksanaan Safari Ramadhan Pemerintah Kota Malang 1439 H.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Berlokasi di kawasan Kelurahan Sumbersari, masjid tersebut berada di kawasan padat penduduk.

Banyaknya rumah kos bagi mahasiswa, membuat pemkot mengimbau secara khusus soal kerawanan tindak kriminal selama bulan puasa.

"Ramadan, biasanya kriminalitas banyak terjadi. Ini yang perlu diwaspadai," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Kota Malang Abdul Malik dalam sambutannya, Rabu (23/5/2018).

Kawasan rumah kos, lanjutnya, cukup rentan disasar.

"Sehingga, kepolisian mengimbau dari tingkat RT/RW hingga kelurahan untuk meningkatkan keamanan. Yaknis bersinergi dengan personel yang ditugaskan di wilayah," tambahnya. 

Malik menyebut, selain isu keamanan, isu kebersihan juga musti menjadi perhatian di kawasan padat penduduk.

"Apabila menemui ada tetangga masih buang sampah sembarangan, maka mohon diingatkan. Apalagi Sumbersari ini tempat anak kos dari berbagai penjuru Indonesia," terangnya.

Selain itu, Malik juga menyampaikan beberapa imbauan pada masyarakat.

Salah satunya terkait penggunaan hak suara dalam Pilkada Kota Malang 27 Juni mendatang.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Dia mengajak masyarakat untuk ikut serta menggunakan hak pilih. Juga soal kondusifitas Kota Malang.

"Semua elemen harus bersinergi agar jangan sampai ada idealisme garis keras atau paham radikalisme yang masuk ke masyarakat," tegasnya. 

Pada kegiatan tersebut, hadir pula perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Lowokwaru, pimpinan Bank Jatim, staf ahli serta kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang.

Sementara itu, ketua takmir Masjid Manarul Huda, Masruri menyampaikan apresiasi terhadap Pemkot Malang atas kegiatan Safari Ramadhan. Termasuk menyampaikan imbauan-imbauan secara langsung pada masyarakat.

"Yang akhirnya, bisa menyambung silahturahmi dan bersedekah sesama masyarakat Kota Malang," ujar Masruri.

"Setiap Senin dan Rabu di masjid ini ada kajian mengadakan pemahaman-pemahaman tentang nilai Islam yang benar. Sejauh ini, Alhamdulillah di sini aman damai khususnya di Sumbersari," tegasnya.

Safari Ramadan Pemkot Malang di lokasi ke lima ini diikuti kurang lebih 500 jamaah dan paling banyak dibandingkan lokasi sebelumnya.


Topik

Pemerintahan berita-malang Safari-Ramadan-Pemkot-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto