Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Safari Subuh, Sutiaji Ingatkan Warga Pilih Pemimpin Berniat Ibadah

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - May - 2018, 09:23

Sutiaji saat memberikan tausiyah safari Subuh di kawasan Arjosari. (SAE)
Sutiaji saat memberikan tausiyah safari Subuh di kawasan Arjosari. (SAE)

MALANGTIMES - Selama bulan Ramadan ini, calon wali kota Malang nomor urut tiga Sutiaji aktif melakukan salat Subuh bergantian dari masjid ke masjid. Di setiap masjid, Sutiaji bermusyawarah dengan jamaah dari beragam latar belakang. Tak lupa dia menyampaikan pesan hikmah Ramadan untuk memperbiki akhlak dan budi menghadapi kehidupan yang makin dinamis.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

“Yang selalu dipikirkan Rasulullah Muhammad SAW adalah umatnya. Di ujung nazak pun, yang terucap dari Rasulullah adalah kata ummati, ummati, ummati. Mestinya pemimpin itu demikian, memikirkan bagaimana keadaan umatnya.” ujar Sutiaji dalam tausiyah di Masjid Al-Manar Jl Teluk Weda, Arjosari, Selasa, (22/5/2018).

Menurut Sutiaji, manusia itu sifat dasarnya gila pujian. Ketika sudah gila pujian, biasanya merasa dirinya lebih sehingga cenderung mudah menghasut dan menonjolkan keegoan.

“Manusia hanya dititipi harta, jabatan, dan kepintaran sementara. Semua titipan duniawi pada hakikatnya adalah milik Allah SWT sehingga tidak pantas manusia itu  riya, tamak dan sombong,” ungkap Sutiaji.

Dia juga menyebut mukmin diperintahkan berpuasa di bulan Ramadan agar mukmin dapat melatih diri sebulan penuh mengendalikan bisikan setan yang bergemuruh di dadanya. Sehingga, pada akhir Ramadan terwujudlah akhlak budi yang baik untuk dipakai selama setahun.  

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Sutiaji pun menyampaikan, Kota Malang saat ini sedang dalam proses memilih pemimpin melalui pilkada 2018. Ini menjadi tanggung jawab seluruh warga Kota Malang yang memenuhi syarat memilih untuk aktif menggunakan hak pilihnya demi masa depan Kota Malang selama lima tahun mendatang.

Karena itu, Sutiaji mengingatkan agar warga memilih pemimpin dengan niat ibadah. Dengan demikian, proses pemilihan yang dijadwalkan 27 Juni 2018 berjalan jujur, bebas, ikhlas tanpa tekanan dan iming-iming apa pun. Sehingga pada ujungnya diperoleh pemimpin yang amanah, kompeten, memiliki rekam jejak bagus, beretika, serta memiliki integritas. (*)


Topik

Politik Safari-Subuh Sutiaji bulan-ramadan calon-walikota-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni