Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Nikmatnya Buka Puasa dengan Minuman Hangat Khas Malang

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Heryanto

22 - May - 2018, 16:28

Wedang angsle merupakan minuman hangat khas Jawa Timur yang konon berasal dari Malang (foto: YouTube Masak TV)
Wedang angsle merupakan minuman hangat khas Jawa Timur yang konon berasal dari Malang (foto: YouTube Masak TV)

MALANGTIMES -  Mau buka puasa menu apa? Mungkin saja Anda ingin minuman hangat menemani buka puasa. Diantara kuliner tradisional Jawa Timur, wedang angsle terbilang banyak ditemui di sudut-sudut Kota Malang.

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Wedang angsle merupakan makanan sejenis kolak. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan seperti petulo, ketan putih, kacang hijau, daun pandan, jahe, kacang tanah, santan dan gula.

Kuah angsle awalnya dibuat hanya menggunakan daun vanili dan santan. Jahe tidak dimasukkan. Tapi karena ada kata 'wedang' maka akhirnya ditambahkan jahe.

BACA JUGAMusim Hujan, Enaknya Ngangsle dan Ngeronde di Tempat Ini biar Hangat

Bila Anda ingin membuat sendiri menu minuman wedang angsle, ada resep yang dibagikan oleh Masak TV, sebuah Chanel YouTube masak memasak. Memiliki jumlah subscribers lebih dari 199.000, ada salah satu video masak wedang angsle khas Malang.

Untuk membuat wedang angsle, bahan yang perlu disiapkan adalah: 8 buah nangka (dipotong dadu), 100 gram kacang hijau rebus, 200 gram tape singkong (dipotong dadu), 200 gram kacang tanah goreng, empat lebar roti tawar.

Selain menyiapkan bahan di atas, untuk membuat 'wedang' diperlukan bahan-bahan berikut yakni 750 mililiter air, 100 gram jahe (dimemarkan), dua lembar daun pandan, 200 gram gula aren, dan dua sendok makan gula pasir.

Untuk saus santan, siapkan 300 mililiter santan dengan selembar daun pandan, dipotong kira-kira lima sentimeter, serta setengah sendok teh garam.

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Cara membuat wedang adalah rebus air. Masukkan jahe, daun pandan, gula aren, dan gula pasir sampai mendidih lalu tambahkan gula larut. Untuk saus santan, rebus santan bersama dengan pandan, dan garam. Aduk sampai mendidih.

Setelah itu, siapkan mangkuk saji, susun bahan-bahan isi, tuang wedang jahe dan saus santan. Sajikan. (*)


Topik

Kuliner berita-malang Minuman-Hangat-Khas-Malang Wedang-Angsle Nikmatnya-Buka-Puasa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Heryanto