Eksekusi Pembangunan Pasar Besar Kota Batu Bakal Dilakukan Tahun 2019

Pasar Besar Kota Batu yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, memiliki luas area hingga 4,5 hektare. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Pasar Besar Kota Batu yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, memiliki luas area hingga 4,5 hektare. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Saat ini Pemkot Batu sedang disibukkan dengan merencanakan perombakan Pasar Besar Kota Batu. Sebab pada tahun 2019 Pemkot Batu akan segera memulai pembangunan Pasar Besar Kota Batu.

“Tahun 2018 ini masin direncakan. Sedangkan tahun 2019 eksekusinya,” ungkap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kamis (17/5/2018).

Pembangunan secara total ini, bakal dilakukan untuk mendatangkan banyak wisatawan ke Kota Batu sambil berbelanja di Pasar Besar. Hal tersebut sekaligus untuk meningkatkan perekonomian para pedagang Pasar Besar Kota Batu.

Rencana perombakan dimulai tahun depan. Pada 2018 untuk semester I, memiliki komitmen merevitalisasi pasar. Dalam jangka pendeknya, mengusulkan pembuatan master plan Pasar Besar Kota Batu secara keseluruhan. 

“Konsen kita di tahun 2018 adalah Pasar Besar Kota Batu. Tidak mau mengerjakan setengah-setengah. Langsung digarap seluruhnya,” katanya.

Saat ini bangunan Pasar Besar Kota Batu berdiri di atas lahan 2,5 hektare. Sedangkan sisanya, 2 hektare, terbagi untuk lahan parkiran dan sebagainya. “Lahan keseluruhan Pasar Besar Kota Batu ini ada 4,5 hektare dengan lima unit pasar. Bangunan saja 2,5 hektare. Sisanya parkiran dan lain-lain,” ujar Dewanti.

Rencananya dalam master plan, pembangunan bangunan menjadi satu hektare. Sisanya 3,5 hektare bisa digunakan untuk rest area dengan fasilitas 30 kamar mandi dilengkapi musala dan air hangat. 

“Sekarang itu bis-bis kalau ke Batu datangnya pagi-pagi. Pasti cari rest area. Jadi, harus kami manfaatkan. Nanti kalau mandi, bayar berapa gitu,” tambah politisi PDIP ini.

Bukan hanya itu, rencananya pasar baru akan dilengkapi dengan pusat klinik serta kuliner pagi, siang hingga malam hari. Bahkan Pasar Besar Kota Batu akan dibangun dengan model semimodern.

Menurutnya nantinya anggaran perombakan Pasar Besar Kota Batu ini murni dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Anggaran pasar besar nanti murni dari APBD,” tutupnya.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top