Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hari Buku Nasional, Masyarakat Kota Malang Rindu akan Buku Anak

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

17 - May - 2018, 15:07

Suasana perpustakaan keliling di Alun-Alun Merdeka Kota Malang di hari pertama Ramadhan 1439 H. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Suasana perpustakaan keliling di Alun-Alun Merdeka Kota Malang di hari pertama Ramadhan 1439 H. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hari pertama puasa Ramadhan 1439 H bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional yang dirayakan setiap 17 Mei.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Meski tidak ada peringatan khusus, masyarakat tampak memadati area perpustakaan keliling di Alun-Alun Merdeka Kota Malang.

Misalnya Indriati, perempuan 59 tahun itu tampak mengajak cucunya Khaila Almira yang berusia 3 tahun untuk menyimak buku-buku dongeng dan cerita anak.

Menurut Indriati, penyediaan perpustakaan keliling tersebut cukup memfasilitasi masyarakat.

"Sangat bagus ya perpustakaan keliling untuk menumbuhkan minat baca anak," ujarnya.

Meski demikian, dia mengaku tidak begitu sering mengakses sarana membaca di taman itu.

"Enggak setiap hari tapi sekalian meluangkan waktu di saat puasa," terang perempuan yang tinggal di Perumahan Srikandi, Bunulrejo itu.

Di Hari Buku Nasional, perempuan yang juga pensiunan pustakawan Universitas Gajayana Malang itu mengaku berharap pemerintah lebih banyak menyelenggarakan even menarik. 

Sehingga, bisa merangsang ketertarikan dan kesadaran warga untuk mengenal buku.

"Kalau bisa semakin diperbanyak yaa fasilitasnya, evennya juga. Yang penting itu sebenarnya kesadaran, karena masih banyak masyarakat yang enggak peduli. Kan masih banyak orang tua yang nyuruh anaknya baca tapi malah ibunya pegang gadget atau nonton tv," tuturnya.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Sementara itu, staf Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, Fadil mengaku sepanjang Ramadan ini pelayanan perpustakaan keliling masih seperti hari biasa.

"Memang setiap hari, kecuali Jumat, ada pelayanan di tempat wisata. Rata-rata membawa 1.500 buku di setiap titik," ujarnya.

Selain di Alun-Alun Merdeka Kota Malang, Taman Trunojoyo dan Taman Singha Merjosaru juga jadi jujukan perpustakaan keliling.

Pelayanan diberikan mulai pukul 08.30 hingga 14.00 di hari Senin sampai Kamis, juga Sabtu dan Minggu.

Beragam buku bisa dibaca oleh masyarakat secara gratis. Mulai dari buku-buku umum, anak-anak, novel dan lain-lain.

"Saya lihat pengunjungnya sehari-hari lebih banyak anak-anak. Kegiatan seperti ini salah satu bentuk upaya meningkatkan minat baca," urainya.

Fadli sendiri menyebut bahwa minat baca masyarakat masih belum bagus. Sebab pengunjung perpustakaan keliling tergolong sedikit, yakni sekitar 40 orang saja per hari.


Topik

Peristiwa berita-malang hari-buku-nasional


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto