Kabupaten Malang Terpilih Penerima Hibah Air Limbah Setempat, Dinas Cipta Karya Siap Sukseskan Program

Penandatanganan perjanjian program hibah air limbah setempat antara kepala daerah dengan Kemenkeu dan Kemen PUPR. Kabupaten Malang terpilih menjadi daerah penerima program tersebut. (for MalangTIMES)
Penandatanganan perjanjian program hibah air limbah setempat antara kepala daerah dengan Kemenkeu dan Kemen PUPR. Kabupaten Malang terpilih menjadi daerah penerima program tersebut. (for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang kembali terpilih sebagai wilayah penerima program hibah air limbah setempat tahun 2018 dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kabupaten Malang bersanding dengan Kabupaten Sidoarjo, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pesisir Selatan. 

Terpilihnya Kabupaten Malang tersebut, tentunya, secara langsung mendapat respons cepat dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) untuk menindaklanjuti hasil penandatanganan perjanjian program hibah air limbah setempat antara daerah terpilih dengan Kemen PUPR dan Kementerian Keuangan,  Rabu (16/5/2018) kemarin di Hotel Arya Duta Jakarta. 

Melalui saluran telepon, Kepala Dinas PKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menyampaikan kepada MalangTIMES bahwa  kepala daerah terpilih sebagai penerima program merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat atas kinerjanya dalam berbagai  pembangunan di wilayahnya yang pro-rakyat dan pro-kemiskinan (pro-poor). 

Bersama Ubaidilah Direktur Perimbangan Kemenkeu (kiri) dan Wabup Malang HM Sanusi dan Kadis PKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, di Hotel Arya Duta (for MalangTIMES)

"Dalam acara kemarin, Bapak Bupati (Dr H Rendra Kresna) mewakilkan kepada wabup (HM Sanusi,  red) untuk penandatangan perjanjian program. Sedangkan untuk tahap pelaksanaan, kita telah siap menyukseskan program tersebut," kata Wahyu, Kamis (17/5/2018) yang mendampingi wakil bupati Malang.   

Kesiapan DPKPCK Kabupaten Malang tersebut terlihat dari pendataan penerima bantuan hibah air limbah setempat yang telah tersedia. Baik nama maupun alamat penerima pada saat pelaksanaan dilaksanakan. 

"Penerima bantuan datanya sudah ada dan lengkap. Kami tinggal mempersiapkan beberapa hal teknis nantinya dalam tahap pelaksanaan di beberapa wilayah di Kabupaten Malang, " ujar Wahyu yang menjelaskan,  untuk program hibah air limbah setempat tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang mendapatkan anggaran Rp 900 juta untuk 300 saluran rumah (SR). "Bulan depan insya Allah sudah bisa dimulai karena ada  target penyelesaian, yaitu bulan Oktober," imbuhnya. 

Hibah air limbah setempat di tahun 2018 akan menyasar di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Kecamatan tersebut adalah Dau,  Kepanjen, Jabung,  Gondanglegi, Tumpang, Pujon, Ampelgading,  Tirtoyudo, Gedangan,  Donomulyo, Wonosari dan Kromengan. "Wilayah penerima manfaat dari program hibah air limbah setempat memang diprioritaskan di wilayah kecamatan yang memiliki perkembangan cepat," pungkas Wahyu. (*) 

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top