Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Buat Sendiri Yuk Mendhol Malang! Lihat Langkah-Langkah di Video Ini

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - May - 2018, 12:53

Tangkapan layar memasak mendhol khas Malang di chanel YouTube Masak TV. (foto: Youtube/masaktv)
Tangkapan layar memasak mendhol khas Malang di chanel YouTube Masak TV. (foto: Youtube/masaktv)

MALANGTIMES - Kuliner khas Bhumi Arema bukan hanya bakso. Atau mungkin juga pembaca hanya mengenal keripik tempe yang tak kalah populer. Masih olahan tempe, ada lagi kuliner khas Malang yang tidak kalah lezat. Namanya mendhol.

Bila Anda gemar memasak, mungkin sudah paham benar tahap demi tahap membuat mendhol. Kuliner satu ini berbahan tempe busuk. Nah, selain tempe busuk, ternyata mendhol juga menggabungkan tempe segar.

Baca Juga : Nongkrong Suasana Asri, Sejuk, dan Tenang Tak Jauh dari Pusat Kota Malang

Masak TV, sebuah chanel YouTube khusus masak-memasak, mempraktikkan cara mudah membuat kuliner mendhol. Chanel ini punya 197.000 subscribers. Video memasak mendhol Malang telah ditonton lebih dari 36.000 viewers.

Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disiapkan ya? Simak yuk memasak mendhol di rumah ala Masak TV berikut ini.

Pertama-tama yang perlu dipersiapkan adalah 100 gram tempe busuk dan 200 gram tempe segar. Untuk bumbu, kamu perlu mempersiapkan beberapa, yakni: 50 gram cabai rawit, 1 biji cabai merah, 50 gram terasi, 1 siung bawang putih, tiga lembar daun jeruk purut.

Berkolaborasi dengan chef Didi Han, tim Masak TV mulai mengolah bahan dan bumbu mendhol Malang itu. Yang perlu dilakukan pertama adalah menghaluskan cabai rawit, bawang putih, garam, terasi, daun jeruk dan tempe.

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Setelah itu, bentuk adonan tempe mendhol. Untuk tahap ini, chef Didi menyarankan agar menggunakan sarung tangan yang terbuat dari plastik. Kemudian, panaskan minyak dan goreng adonan tempe mendhol. Angkat dan hidangkan.


Topik

Kuliner berita-malang kuliner-malang mendol-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni