Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jelang Ramadhan, 33 KK Warga Kampung Seribu Topeng Dapat Bantuan Sembako

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : A Yahya

15 - May - 2018, 20:00

Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi saat memberikan paket bantuan sembako bagi warga binaan Kampung Seribu Topeng Desaku Menanti jelang memasuki bulan suci Ramadhan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi saat memberikan paket bantuan sembako bagi warga binaan Kampung Seribu Topeng Desaku Menanti jelang memasuki bulan suci Ramadhan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang mendistribusikan paket sembako bagi 35 kepala keluarga (KK) mantan gelandangan dan pengemis (gepeng) di Desaku Menanti, Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru yang saat ini lebih dikenal dengan Kampung Seribu Topeng. Pembagian bantuan itu diharapkan dapat membantu warga setempat jelang bulan suci Ramadhan 1439 H di tengah naiknya harga beberapa komoditas bahan pokok.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Hari ini (15/5/2018) kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi, Pjs Ketua TP PKK Kota Malang Astried Wahid Wahyudi dengan didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Malang Sri Wahyuningtyas serta camat dan lurah se-Kecamatan Kedungkandang. Dalam sambutannya, Wahid Wahyudi menyatakan bahwa secara umum pencapaian pembangunan yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial semakin membaik.

Meski demikian, masih ada berbagai permasalahan  yang menjadi beban sosial masih harus diatasi Pemkot Malang. Terutama permasalahan yang berkaitan dengan kemiskinan. "Yang dimaksud kemiskinan adalah tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia. Seperti pangan, sandang, perumahan, dan interaksi sosial, serta warga yang memiliki keterbatasan kemampuan untuk mengakses berbagai sumber pelayanan sosial dasar," urainya. 

Masalah lainnya, lanjut Wahid, yakni kerawanan sosial ekonomi, keterlantaran, kecacatan, penyimpangan perilaku, keterpencilan, serta kerentanan sosial warga masyarakat yang berpotensi menjadi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). "Melalui kegiatan kali ini kami berharap dapat mengurangi berbagai permasalahan sosial yang ada. Pemkot Malang juga senantiasa berupaya menanggulangi permasalahan sosial tersebut dengan cara melakukan berbagai program terkait dengan PMKS. Arahnya yakni pada upaya penyelamatan, pemulihan dan kemandirian dalam mencapai taraf hidup kesejahteraan sosial yang layak, normatif dan manusiawi," urainya.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Untuk itu, menurut Wahid kegiatan temu warga sekaligus pembagian bingkisan sembako merupakan salah satu upaya dalam membantu PMKS. Terutama agar dapat sedikit meringankan beban hidupnya menjelang bulan suci Ramadhan. Paket yang dibagikan yakni berupa 10 kilogram beras, minyak goreng, serta gula pasir kepada 35 KK warga binaan sosial. "Melalui kegiatan ini pula, temu warga dan dialog, dapat dilakukan. Sehingga, saya sangat berharap adanya masukan atau saran yang bersifat membangun," terangnya. 

"Ke depan, berbagai permasalahan yang ada mampu dicarikan solusi terbaik, dan berbagai program pembangunan dapat lebih memberikan nilai manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," tambahnya. Selain membagikan sembako, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antara Pemerintah Kota Malang dengan masyarakat setempat.


Topik

Pemerintahan Pemerintah-Kota-(Pemkot)-Malang Dinas-Sosial-(Dinsos)-Kota-Malang Pjs-Wali-Kota-Malang Wahid-Wahyudi Pjs-Ketua-TP-PKK-Kota-Malang Astried-Wahid-Wahyudi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

A Yahya