Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

PAK, Dispendukcapil Kota Malang Ajukan Pengadaan Alat Perekam E-KTP

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - May - 2018, 15:02

Sekretaris Dispendukcapil Kota Malang Slamet Utomo (Pipit Anggraeni)
Sekretaris Dispendukcapil Kota Malang Slamet Utomo (Pipit Anggraeni)

MALANGTIMES - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcail) Kota Malang mengajukan pengadaan perekam E-KTP dalam peerubahan anggaran keuangan (PAK) tahun ini.

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Sekretaris Dispendukcapil Kota Malang Slamet Utomo menyampaikan, alat perekam tersebut menjadi salah satu kebutuhan yang perlu segera direalisasikan. Idealnya, ada lima alat perekam yang bisa diadakan untuk ditempatkan di setiap kecamatan. "Namun keterbatasan anggaran, maka di PAK tahun ini hanya bisa mengajukan pengadaan dua unit dulu," terangnya pada wartawan, Jumat (11/5).

Jika berkaca pada pengadaan sebelumnya, satu unit perekam E-KTP membutuhkan anggaran sebesar Rp 110 juta. Alat tersebut berisi kamera, perekam retina, serta laptop yang bisa dibawa untuk mobile. "Jadi, selama ini Dispendukcapil baru memiliki satu unit saja alat perekam E-KTP," jelasnya lagi.

Alat perekam E-KTP itu sendiri digunakan untuk merekam data penduduk bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke kantor Dispendukcapil. Di antaranya untuk warga yang sakit, lansia, dan disabilitas.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

Selama ini, aksi jemput bola juga sudah dilakukan untuk merekam data masyarakat. Antara lain menggunakan mobil keliling ke beberapa kecamatan, kelurahan, hingga sekolah untuk merekam pemula. (*)


Topik

Pemerintahan berita-malang Dispendukcail-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni