Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

6 Kijang Bakal Jadi Keluarga Baru Coban Putri

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - May - 2018, 09:39

Salah satu spot swafoto bintang di Coban Putri. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu spot swafoto bintang di Coban Putri. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Tidak ingin tempat wisata terkesan banyak bangunan, Coban Putri di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, bakal menghadirkan satwa. Rencananya, didatangkan enam kijang.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Pada tahap awal itu, enam kijang bakal dilepasliarkan layaknya di habitat aslinya. Hanya, untuk saat ini pihak Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang mengelola Coban Putri masih menunggu izin edar terkait hal tersebut.

“Beberapa rencana sedang kami laksanakan untuj mengembangkan wisata alam ini. Misalnya kami ingin menyuguhkan hewan kijang, tetapi sedang menunggu izin edarnya dulu,” ungkap Suwandi, ketua LMDH Desa Tlekung.

Tentunya jika izin edar dari pihak Perhutani Blitar sudah keluar, enam kijang bakal dihadirkan di Coban Putri. Rencananya enam kijang itu akan disebarkan di area taman di dekat air terjun. Dengan demikian, pengunjung yang datang nantinya bakal disambut dengan hewan tersebut. Pengunjung juga dibebaskan memberikan makanan kepada kijang. 

“Iya. Jadi, pengunjung bebas untuk memberikan makanan. Lalu juga bebas swafoto. Intinya bebas bercengkerama lebih dekat,” imbuhnya, Senin (7/5/2018).

Kijang itu dihadirkan sebagai salah satu sarana edukasi, supaya tidak melulu menghadirkan wahana yang bersifat bangunan. “Intinya kami nggak ingin melulu menghadirkan bangunan untuk wahana atau apa begitu. Bangunan kami bangun khusus untuk pengembangan toilet saja,” kata pria yang juga ketua LMDH Kota Batu ini.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Rencananya, lanjut Suwandi, tahap awal memang akan dihadirkan enam kijang. Namun selanjutnya akan ditambah. Lalu juga akan ditambah wahana seperti kolam renang, kolam pancing, hingga wisata kuliner atau pasar tempo dulu.

“Kami juga ingin menggerakkan masyarakat sekitar dengan menghadirkan wisata kuliner namun yang sifatnya kembali yang dulu. Itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung khususnya luar kota,” jelasnya kepada BatuTIMES. 

LMDH Tlekung tidak ingin mengecewakan pengunjung yang datang. Karena itu, selain dengan tarif harga yang murah, ada kesan yang maksimal dari pengunjung setelah menikmati Coban Putri. “Orang datang ke sini nggak sampai kapok,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga saat ini di sana sudah terdapat beberapa spot swafoto selain dua air terjun. Yakni spot swafoto bintang, tangan, dua ayunan, flying fox, camping ground, dan sebagainya. (*) 


Topik

Wisata berita-batu lembaga-masyarakat-desa-hutan coban-putri wisata-batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni